Wednesday, January 26, 2011

Tak Mau Kalah, Nokia Gandeng Intel Lahirkan OS Baru : MeeGo

Nokia dilaporkan sedang berancang-ancang merilis jagoan anyarnya, N9. Di N9 inilah pabrikan ponsel asal Finlandia itu bakal memamerkan sistem operasi baru yang mereka garap bersama Intel, yakni MeeGo. (detikinet..com)

MeeGo merupakan mobile operating system open source berbasis Linux. Terutama ditujukan pada perangkat mobile dan peralatan elektronik informasi di pasar konsumen, MeeGo dirancang untuk bertindak sebagai sistem operasi untuk platform perangkat keras seperti netbook, desktop entry level , nettop, tablet komputer, mobile computing dan perangkat komunikasi, perangkat di dalam kendaraan infotainment, SmartTV/ConnectedTV, IPTV-kotak, smart phone, dan embedded system lainnya. MeeGo hosted by the Linux Foundation.

MeeGo pertama kali diumumkan di Mobile World Congress pada bulan Februari 2010 oleh Intel dan Nokia dalam konferensi pers bersama. Tujuan lain adalah untuk menggabungkan proyek Moblin milik Intel dan Maemo milik Nokia menjadi satu proyek umum baru. Menurut Intel, MeeGo dikembangkan karena Microsoft tidak menawarkan komprehensif Windows 7 support untuk prosesor Atom. Novell juga memainkan peranan besar dalam proyek MeeGo, bekerja sama dengan Yayasan Linux pada infrastruktur mereka dan produk MeeGo resmi, dan MeeGo lebih banyak menggunakan teknologi Novell yang pada awalnya dikembangkan untuk openSUSE, (termasuk openSUSE Build Service, zypp untuk manajemen paket, dan alat-alat sistem manajemen lainnya). Pada bulan November 2010, AMD juga bergabung dengan aliansi perusahaan yang secara aktif mengembangkan MeeGo. (en.wikipedia.org)

Penasaran mau lihat simulasi MeeGo beraksi mobile phone? Saksikan video berikut:

klik link ini untuk videonya

0 komentar:

Post a Comment

Coment dengan bahasa yang baik dan sopan yah, jangan lupa kirimkan kritik dan saran-nya, terima kasih...

**Salam Blogger**

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCpenney Printable Coupons