Thursday, February 3, 2011

McLaren Produksi Mobil Super Cepat [MP4-12C]

foto 
Mc Laren MP4-12C. Dok: Motor Crave

 Produsen mobil sport asal Inggris, McLaren, Rabu (2/2), resmi memulai proses produksi mobil balap super depat versi jalan raya, McLaren MP4-12C. Mobil yang diklaim mampu melesat hingga 320 kilometer per jam (kpj) - bahkan hingga 400 kpj - itu, dibanderol mulai US$ 231.400 atau sekitar Rp 2,11 miliar.

“Mobil tersebut pada tahun ini hanya diproduksi 1.000 unit dan dipasarkan ke berbagai negara,” sebut pabrikan itu seperti dilansir egmcartech.com, Kamis (3/2).

Mobil supercepat yang diproduksi di McLaren Technology Centre di Woking, Inggris, itu dibekali mesin mesin medium McLaren M838T 3.800 cc V8 twin-turbo. Mesin itu mampu menyemburkan tenaga hingga 608 daya kuda dan torsi 572 Newton meter.

Tenaga dari mesin itu disalurkan ke roda melalui peranti transmisi Seamless Shift dual-clutch gearbox (SSG) dengan tujuh tingkat percepatan. Kemampuan akselerasi dari posisi diam ke kecepatan 100 kpj nyaris tak berbeda dengan mobil balap McLaren versi sirkuit balap, yaitu hanya dalam tempo 3 detik.

Beberapa waktu lalu, laman insideline.com menyebut, teknologi yang digunakan MP4-12C sama persis dengan saudaranya, F1 McLaren. Begitu pun dengan bodi yang terbuat dari bahan serat karbon, teknologi suspensi, serta piranti pengeremannya.

Managing Director McLaren Antony Sheriff mengatakan, mobil anyar besutannya itu akan dipasarkan ke Amerika Utara, Eropa, Timur Tengah, Singapura, Hong Kong, Jepang serta Australia. Sedikitnya 35 dealer akan dioperasikan di wilayah yang menjadi tujuan pemasaran itu.

"Kami mematok target bisa menggenggam empat persen pangsa pasar mobil super sport dunia," aku dia.

tempo

0 komentar:

Post a Comment

Coment dengan bahasa yang baik dan sopan yah, jangan lupa kirimkan kritik dan saran-nya, terima kasih...

**Salam Blogger**

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCpenney Printable Coupons