Thursday, February 3, 2011

Pelukan Bisa Kurangi Stres


(Ilustrasi: Google image)
CALIFORNIA - Pernah berpikir mengapa sebagian besar orang menghibur teman atau kekasih mereka dengan pelukan? Sejumlah ilmuwan Universitas California mengklaim bahwa sentuhan dari orang-orang tercinta bisa mengurangi kesedihan pada masa-masa sulit.

Pada penelitian itu, ilmuwan menemukan, setidaknya empat wanita mengaku merasa tenang setelah melihat atau menyentuh kekasih mereka. 25 partisipan riset ini sebagian besar masih berstatus pelajar dan mahasiswa, yang terikat dalam hubungan baik bersama kekasih mereka setidaknya selama enam bulan terakhir.

Hasil eksperimen memaparkan, ketika para partisipan mendapat stimuli dari panasnya api, rasa sakit itu akan berkurang hanya dengan melihat foto kekasih mereka. Efek serupa juga ditemukan jika mereka berpegangan tangan dengan kekasih masing-masing saat mendapat stimuli yang lebih panas, seperti dilansir Daily Mail, Kamis (3/2/2011).

Psikolog lain, Dr Ludwig Lowenstein, pun menyerukan, salah satu tips menjaga hubungan pernikahan adalah dengan memeluk partner anda hingga empat kali dalam satu hari.

Pada penelitian berbeda, sejumlah mahasiswa menemukan bahwa membelai binatang peliharaan pun bisa mengurangi rasa stress. Diketahui, pasien yang dalam masa pemulihan usai operasi membutuhkan obat penawar sakit 50 persen lebih sedikit jika melakukan terapi binatang peliharaan.
(srn)
Okezone

0 komentar:

Post a Comment

Coment dengan bahasa yang baik dan sopan yah, jangan lupa kirimkan kritik dan saran-nya, terima kasih...

**Salam Blogger**

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCpenney Printable Coupons