Sunday, March 27, 2011

Duet Maut Makanan Sehat

Shutterstock
Ilustrasi

Agar semua kebutuhan tubuh akan zat gizi tercukupi, ahli gizi menyarankan kita mengonsumsi aneka jenis makanan sehat yang berganti-ganti setiap hari. Berikut ini ide paduan yang hebat:
1. Ikan dan brokoli
Paduan ikan dan brokoli berkhasiat memerangi kanker 13 kali lebih kuat dibandingkan dengan hanya dimakan sendiri-sendiri. Begitu kata ahli gizi dari Inggris. Sulfophrane dalam brokoli dan selenium dari ikan membantu menghalangi pembentukan dan penyebaran sel kanker.
2. Pisang dan yoghurt
Zat probiotik dalam yoghurt menyehatkan pencernaan dan mengurangi kolesterol jahat. Sementara pisang adalah sumber zat prebiotik yang memberi makan bakteri probiotik. Keduanya bekerja sama menyehatkan pencernaan kita.
3. Merica hitam dan kunyit
Kunyit memiliki kandungan antiinflamasi. Dipadukan dengan merica hitam, kemampuan kunyit mencegah peradangan jadi makin dahsyat.
4. Bayam dan cabai merah
Sayuran mengandung zat besi seperti bayam hanya diserap tubuh kurang dari 10 persen. Supaya penyerapannya optimal, tambahkan sumber vitamin C seperti cabai merah.
5. Apel dan anggur
Tambahan beberapa buah anggur ungu pada potongan apel bermanfaat mengurangi risiko serangan jantung. Itu karena apel dan anggur sama-sama kaya flavonoid. Zat bernama quercetin di dalam apel bekerja secara sinergi dengan ketekin di dalam anggur untuk mencegah penyumbatan pembuluh arteri.
6. Tomat dan alpukat
Tomat dikenal kaya akan antioksidan bernama betakaroten dan likopen. Tomat merupakan sumber vitamin yang larut lemak, sehingga perlu paduan sumber zat lemak yang sehat. Alpukat atau minyak zaitun adalah paduan bagus untuk tomat. (GHS/diy)


Kompas.com

0 komentar:

Post a Comment

Coment dengan bahasa yang baik dan sopan yah, jangan lupa kirimkan kritik dan saran-nya, terima kasih...

**Salam Blogger**

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCpenney Printable Coupons