Sunday, March 13, 2011

Ditemukan, Foto Gempa Bumi San Fransisco 1906

SmithsonianÕs National Museum of American History merilis enam foto yang memperlihatkan kerusakan akibat gempa bumi di San Fransisco pada April 1906. Foto-foto ini diambil oleh pelopor fotografi berwarna, Frederick Eugene Ives, pada 6 Oktober 1906. Negatif foto ini termasuk salah satu benda yang disumbangkan putra Ives, Herbert, kepada SmithsonianÕs National Museum of American History.

     
Foto gempa bumi San Fransisco, April 1906. Foto: AP Photo/ Courtesy of the SmithsonianÕs National Museum of American History 



foto.vivanews.com

Ini Daftar WNI yang Selamat dari Tsunami


Wikipedia
Kota Sendai di Pulau Honshu dalam peta. Guncangan gempa berkekuatan 8,9 yang menyebabkan tsunami di kawasan pantai timur Pulau Honshu, Jepang pada Jumat (11/3/2011) pukul 2:46:23 PM waktu Tokyo atau pukul 12:46:23 PM waktu Jakarta, terasa di beberapa kota dan prefektorat seperti Tokyo dan Aomori.

Kementerian Luar Negeri RI merilis sebagian nama warga negara Indonesia yang selamat dari tsunami yang melanda bagian utara Negeri Sakura tersebut. Saat ini mereka tersebar di berbagai tempat pengungsian di jepang.
Laporan dari Persatuan Pelajar di Ibaraki, sebagaimana dilansir Kemlu RI, ada puluhan pelajar Universitas Tsukuba yang selamat. Rata-rata mereka mengungsi di Kampus Kasuga. Mereka adalah:
1. Ikono
2. Nur hasanah
3. Winny
|4. Muliasari
5. Ekawati
6. Cendra
7. Sidiq hidayat dan keluarga
8. Noladhi
9. Thia juwita
10. Bu dini dan keluarga
11. Yudi setiawan dan keluarga
12. Kadapi (sedang menuju Narita)
13. Desti
14. Nizam
Sementara itu, para pelajar yang menempuh pendidikan di Universitas Ibaraki mengungsi di rumah Liyantono. Mereka adalah:
1. Liyantono dan keluarga
2. Krissandi dan keluarga
3. Rida
4. Ratih
5. Cahyo di Mito
Selain itu, para WNI juga mengungsi di sekolah-sekolah dan masjid di Jepang. Berikut ini daftar yang berhasil dihimpun KBRI di Jepang.
SMP Sanjo 3-1 Sanjomachi,
Aoba-ku,
Sendai-shi
Kode Pos 981-0935
Telp. 022-234-4384
Kontak person:
Fatwa Ramdani 080-3337-5369
fatwaramdani@gmail.com
1. Fatwa Ramdani dan istri
2. Dian Syahfitra
3. William Widjaja
4. Asep Ridwan
5. Ahmad Ridwan dan istri
6. Uyi Sulaeman dan keluarga
7. Zahrul Fuadi dan keluarga
8. Alimansyar dan keluarga
9. Deni dan istri
10. Sri Maldia
11. Ajeng
Masjid Sendai
7-7-24 Hachiman,
Aoba-ku,
Sendai-shi Kode Pos 980-0871
Peta lokasi bisa diakses dari sini (klik access):
http://www.iccsendai.org/en/index.htm
1. Pak Hariyadi dan putra
2. Adam Badra Cahaya
3. Diptarama
4. Feranisa Prawita Raras
5. Rokhima Rostiani
6. Vera Yulianti Malik
SD Kunimi
2-16-1 Kunimi,
Aoba-ku, Sendai-shi
Kode Pos 981-0943
Telp. 022-234-6383
Website : http://www.sendai-c.ed.jp/~kunimida/
1. Mukti Ali dan keluarga
2. Atas Pracoyo dan keluarga
3. Eko Pradjoko
4. Bambang Winarta
5. Mohammad Farid
6. M. Bagus Adityawarman
7. Widyaningtyas
SD Tatemachi
8-1 Tatemachi,
Aoba-ku, Sendai-shi
Kode Pos 980-0822
Telp. 022-222-4078
Peta lokasi: http://www.sendai-c.ed.jp/~tatimati/map.html
1. Jimmie Hadi
2. Fajar Mega Pratama
3. Hamzah Fauzi
4. Ryan
SD Kimachi
1-7-36 Kimachidori,
Aoba-ku, Sendai-shi
Kode Pos 980-0801
Telp. 022-223-3480

1. Adrian Wahyu Agusta dan istri
Kashiwagi Shimin Senta
3-3-1 Kashiwagi, Aoba-ku, Sendai-shi
Kode Pos 981-0933
Telp. 022-233-8066
Peta lokasi : http://www.stks.city.sendai.jp/hito/WebPages/sisetu/simin/sisetu/aoba02.html
1. Puspo Edi Giriwono dan keluarga
Selain itu, ada pula puluhan WNI di Sendai yang telah berhasil dihubungi, namun tidak diketahui persis keberadaannya. Mereka adalah:
1. M. Haris Mahyuddin (mengungsi di aula sekolah)
2. Irma Safitri (terakhir turun dari Aobayama dengan mobil bersama Fatwa, lalu turun di Kawauchi)
3. Edward Rahadian (di Ecollab)
4. Alfirano (di asrama mahasiswa Jepang)
5. Aldina (mengungsi bersama teman laboratorium)
6. Antonius Pujo dan istri (bermalam di mobil)
7. Anindya Wirasatria dan keluarga
8. Nuhansyah Sulaeman dan keluarga
9. Hendri Issac Salim dan keluarga
10. Abdul Muhari dan keluarga
11. Freddy Tan dan keluarga
12. Tri dan keluarga
13. Sabaruddin Rahman
14. Ahmad Zufri
15. Arif Wicaksono
16. Yuliati Herbati
17. Titi Anggono
18. Febriani Sihombing
19. Sudirman
20. Edo
21. Intan
22. Lies
23. Amelia
24. Tini
Warga Indonesia di Sendai yang sedang berada di luar negeri/pulang:
1. Alfian Amrizal
2. Yeni Muriani
3. Martin Sirait
4. Ardiansyah Michwan
5. Aunuddin Syabba Vioktalamo
6. Tiar
7. Emmy Indah Priyanti.
Kemlu mengatakan, bagi WNI yang memerlukan atau memiliki informasi terkait kerabat yang terkena dampak gempa dampat menghubungi (+81) 90-3132-4994 atau (+81) 90-8742 6346, atau dapat melalui SMS ke nomor +81 803 506 8612.
KBRI juga dikatakan secara rutin melakukan update kondisi terkini di Jepang melalui akun Twitter @KBRITokyo, Facebook = KBRI TOKYO, dan website KBRI Tokyo di http://www2.indonesianembassy.jp/. 


KOMPAS.com

Fakta Mengenai Sindrom Radiasi Akut


Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Fukushima Daiichi yang dioperasikan Tokyo Electric Power Co (Tepco) dillaporkan mengalami kebocoran. Kekhawatiran akan bahaya radiasi telah mendorong Pemerintah Jepang melakukan sejumlah upaya preventif, termasuk mengevakuasi 170.000 orang yang tinggal di wilayah pada radius 20 kilometer dari lokasi PLTN. Seberapa bahayakah paparan radiasi nuklir?
Berdasarkan Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit di AS, sindrom radiasi akut atau Acute Radiation Syndrome (ARS), dikenal juga sebagai keracunan radiasi, adalah penyakit serius. Hal ini dapat terjadi sesaat setelah tubuh terpapar radiasi. Tingkat penderitaan seseorang terhadap radiasi tergantung pada seberapa jumlah radiasi yang terserap tubuh. Berikut ini adalah sejumlah fakta mengenai sindrom radiasi akut:
  • Seseorang dikatakan menderita sindrom radiasi akut ketika radiasi terserap ke organ dalam. Radiasi dari sinar X dan tindakan medis seperti CT-scan terlalu rendah untuk menyebabkan seseorang terkena sindrom radiasi akut.
  • Seseorang dikatakan menderita sindrom radiasi akut ketika dirinya terpapar radiasi selama beberapa waktu. Bisa saja dalam hitungan menit.
  • Gejala awal dapat dirasakan beberapa menit hingga beberapa hari setelah seseorang terpapar radiasi. Gejala tersebut dapat berupa muntah-muntah, diare, dan mabuk atau pening. Gejala ini dapat berlangsung hingga hitungan hari.
  • Setelah gejala awal hilang, seseorang kembali bugar. Namun, tak lama kemudian, orang tersebut akan menderita kembali. Bahkan, kali ini lebih parah. Gejalanya dapat berupa kelelahan, demam, kehilangan nafsu makan, muntah, dan diare. Tahap ini dapat berlangsung selama beberapa bulan.
  • Kerusakan pada kulit akibat radiasi dapat timbul dalam hitungan jam. Hal ini dapat bertahan hingga hitungan tahun, tergantung seberapa parah seseorang terpapar radiasi. Gejalanya, kulit terasa perih dan bahkan terasa seperti terbakar. Rambut pun dapat menjadi rontok akibat radiasi.
  • Terpapar radiasi dapat saja berujung pada kematian, tergantung tingkat keparahannya. Biasanya, pada banyak kasus, kematian terjadi beberapa bulan setelah seseorang terpapar radiasi. Kematian diakibatkan rusaknya tulang sumsum, infeksi, atau pendarahan.
  • Seseorang yang selamat dari sindrom radiasi akut dapat terus merasakan gejala hingga dua tahun setelah terpapar.
  • Perawatan yang dilakukan bagi seseorang yang terpapar radiasi terdiri dari tindak pencegahan dari kontaminasi lebih lanjut, mengurangi gejala sindrom, dan penyembuhan organ yang rusak akibat radiasi.
  • Dekontaminasi adalah proses menghilangkan kontaminasi eksternal oleh partikel radioaktif. Dekontaminasi bisa berupa melepas seluruh pakaian dan sepatu yang dipakai seseorang yang terpapar radiasi. Membasuh tubuh juga dapat mengurangi kontaminasi eksternal.  (KOMPAS.com)

160 Orang Terpapar Radiasi Nuklir Pasca Tsunami Jepang

 
AFP PHOTO / YOMIURI SHIMBUN Seorang tentara Jepang membopong seorang lelaki usia lanjut di punggungnya di Kota Natori, Prefektur Miyagi, Sabtu (12/3/2011). Kota itu porak-poranda akibat terjangan tsunami setelah gempat berkekuatan 8,9 SR mengguncang daerah itu, Jumat (11/3/2011). Pemerintah Jepang mengerahkan 100 ribu personel tentara untuk membantu daerah yang terkena gempa.

Pasca-gempa besar berkekuatan 8,9 SR dan terjangan tsunami dahsyat yang memorak-porandakan sejumlah wilayah di pantai timur, Jepang kini menghadapi ancaman baru, yaitu kemungkinan bocornya Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Fukushima Daiichi yang dioperasikan Tokyo Electric Power Co (Tepco).
Badan Keselamatan Nuklir, otoritas yang menangani masalah nuklir di Jepang, mengatakan, setidaknya 160 orang diduga terpapar radiasi nuklir. Sementara itu, kantor berita Jiji tanpa mengutip sumber mengatakan, 19 orang telah terpapar radiasi nuklir.
Pihak Pemerintah Jepang sendiri belum memberikan pernyataan resmi terkait korban yang terpapar radiasi nuklir. Juru Bicara Pemerintah Jepang Edano mengatakan, radiasi yang disebabkan ledakan memang melampaui batas normal. Namun, hal tersebut tak memiliki ancaman langsung terhadap kesehatan manusia.
Warga pun mulai memeriksakan diri apakah mereka terpapar oleh radiasi nuklir. "Awalnya saya khawatir dengan gempa bumi. Namun, kini saya khawatir dengan radiasi. Saya tinggal di sekitar Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN). Saya ke sini untuk memeriksakan diri, apakah saya baik-baik saja," kata Kenji Koshiba, pekerja konstruksi di pusat gawat darurat di Koriyama.
Hingga saat ini, Pemerintah Jepang sebagaimana dilansir Reuters telah mengevakuasi 110.000 orang yang tinggal di wilayah dengan radius 20 kilometer dari lokasi PLTN.
Edano mengatakan, pemerintah telah berupaya untuk mengurangi risiko radiasi nuklir. Pemerintah, tambahnya, fokus mengeluarkan udara dari reaktor nuklir yang rusak akibat gempa 8,9 magnitude yang disertai tsunami tersebut.
Selain itu, saat ini jutaan penduduk Jepang tak memiliki akses terhadap air bersih dan listrik. Sejak Jumat, mereka hanya bertahan hidup dengan mi instan. Hal ini juga dialami sejumlah tempat penampungan dan rumah sakit. "Saat ini tetap belum ada air atau listrik. Padahal, kami memiliki pasien yang perlu dirawat," kata pejabat RS Sengen General Hospital, Ikuro Matsumoto. 


kompas.com

Blokir Website dari Hasil Pencarian Google

Google
Google
CALIFORNIA - Google telah menambahkan sebuah fitur ke mesin pencari mereka yang memungkinkan pengguna untuk memblokir website dari hasil pencarian mereka.

Situs internet mesin pencari internet tersebut telah mengumumkan informasi detilnya pada situs resminya. Demikian seperti yang dikutip dari USA Today, Minggu (13/3/2011).

Begini caranya: ketika hasil pencarian keluar, pengguna akan dapat melihat opsi untuk memblokir semua hasil pencarian di samping kata 'Cached' dan 'Similar'. Lalu listing tersebut akan menghilang, dan pengguna dapat 'Manage blocked sites' atau 'Undo'. Hanya pengguna dengan akun Google saja yang bisa melakukan hal ini.

Setelah memblokir sebuah website, pengguna bisa mengklik 'Manage blocked sites' untuk secara manual memasuki situs yang mereka ingin Google untuk memblokirnya.

Fitur tersebut hanya tersedia untuk pengguna yang menggunakan versi Inggris dari Chrome 9+, IE8+ dan Firefox 3.5. Tapi Google juga berencana untuk mengekspansi kemampuan dari fitur ini.




okezone

Satuan Kilogram Dihapus?

Prototype yang digunakan sebagai rujukan satuan kilogram (Foto: Google image)
Prototype yang digunakan sebagai rujukan satuan kilogram (Foto: Google image)
Selama ini, kilogram menjadi satuan berat yang digunakan di banyak negara. Namun, satuan metrik yang telah digunakan selama seratus tahun itu kini terancam dihapus dari Satuan Ukuran Internasional.

Dari tujuh unit metric dasar (meter, kilogram, detik, ampere, Kelvin, mole, candela), tujuh diantaranya didefinisikan agar tidak mengalami perubahan di kemudian hari dan bisa digunakan secara universal. Satu yang tidak didefinisikan adalah kilogram. Demikian dilansir Computeractive.

Sampai saat ini, kilogram masih merujuk pada berat prototype kilogram internasional, yakni sebuah silinder platinum yang dibuat pada 1879 dan disimpan dalam lemari besi di luar kota Paris.

Berat prototype itu diperiksa kembali pada 1899 dan tidak terlihat perubahan signifikan. Beberapa tiruannya dibuat untuk negara-negara lain, dan dibandingkan dengan aslinya setiap 50 tahun sekali.

Para ilmuwan kini mengatakan, sudah saatnya menentukan satuan kilogram dengan layak, tanpa merujuk pada suatu obyek. Menurut Royal Society, massa prototype yang selama ini dijadikan patokan kilogram bisa jadi sudah berubah hingga 50 mikrogram dalam 100 tahun terakhir.

Sekilas mungkin tidak terlihat terlalu signifikan, tapi jika anda ingin memperoleh referensi berat, tentu anda mengharapkan nilai yang akurat.

Saat ini, Royal Society tengah mengadakan konferensi untuk membahas permasalahan itu. Dr Michael Stock dari BPIM, yang menyimpan prototype kilogram, akan mendiskusikan sejumlah eksperimen yang telah dilakukan untuk menghubungkan konsistensi massa dengan silinder tersebut.




okezone

Foto Eksklusif Evakuasi Korban Tewas Korban Tsunami Jepang

Tim Evakuasi Jepang, Minggu (13/3/2011), masih terus melakukan pencarian korban selamat dan tewas akibat gempa dan tsunami. Kepolisian Jepang mencatat, korban tewas sudah menembus angka 2.000 orang. Diperkirakan, jumlah tersebut masih akan bertambah. Jumlah ini masih jauh di atas data resmi Pemerintah Jepang yang menyebut jumlah korban tewas sekira 800 orang. 
 source : okezone.com
 

Gempa Bumi Jepang Diakibatkan Bulan 'Super'?

Bencana gempa bumi di Jepang (Foto: Daylife)
Bencana gempa bumi di Jepang (Foto: Daylife)
Gempa bumi dan tsunami dahsyat yang menimpa Jepang, Jumat (13/3/2011) lalu, disebut-sebut sebagai akibat pergerakan bulan yang disebut bulan 'super' yang menyebabkan kejadian-kejadian tak terduga di Bumi. Benarkah?

Sejumlah ahli astrologi memprediksi, 19 Maret nanti, posisi Bumi dan bulan akan sangat dekat untuk pertama kalinya sejak 1992, yaitu berjarak 221.567 mil (356.577 kilometer). Gravitasi dari bulan itulah yang disinyalir menyebabkan berbagai kekacauan di Bumi.

Klaim itu ditegaskan ahli astrologi Richard Nolle yang meyakini bahwa pergerakan bulan merupakan penyebab utama bencana-bencana alam di Bumi.

"Bulan super memiliki asosiasi sejarah dengan badai besar, gelombang yang sangat tinggi juga gempa bumi," papar Nolle dalam wawancara bersama radio ABC sebagaimana dikutip Daily Mail, Minggu (13/3/2011).

Namun, pernyataan itu segera disanggah para ilmuwan yang menilai teori tersebut tidak lebih dari omong kosong.

"Mungkin saja bulan akan berjarak satu atau dua kilometer lebih dekat dengan Bumi ketimbang biasanya. Tapi, kejadian itu sama sekali tidak berpengaruh apa-apa," ungkap Dr David Harland, seorang ahli sejarah angkasa dan penulis.

Ahli seismologi di Universitas Bristol, Profesor George Helffrich, pun menyatakan hal serupa. "Omong kosong. Bulan tidak memiliki efek apapun yang bisa mengakibatkan gempa bumi," tukasnya.

"Jika bulan menyebabkan gempa-gempa besar, artinya bulan juga akan mengakibatkan jutaan gempa kecil yang terjadi setiap hari. Tidak ada ketergantungan waktu dari kejadian itu, karenanya, tidak ada efek dari bulan," imbuh Helffrich.



okezone

Menilik Sejarah Gempa Bumi Mematikan di Dunia

Foto : Daylife.com
Foto : Daylife.com
Gempa bumi berkerkuatan 8, 9 skala ritcher (SR) mengguncang kawasan timur laut Jepang pada Jumat 11 Maret lalu. Tragedi itu seakan membuka luka lama, tentang sederet gempa bumi di dunia.

Guradian mencatat, 10 gempa berkekuatan besar yang pernah mengguncang bumi sejak tahun 1700-an. Mari kita tilik satu per satu.

1. 26 Januari 1700, Pantai Utara Pasifik yang berkekuatan 9 SR

Satu-satunya catatan gempa terbesar di Amerika Utara dating dari sejarah mulut ke mulut warga pribumi Amerika didekat pulau Vancouver yang menceritakan tersapunya sebuah komunitas besar di teluk Pachena oleh gelombang besar. Di sepanjang PAsifik, gempa itu tercatat paling akurat oleh pengamat Jepang yang menyatakan tsunami besar menerjang Negara itu pada 27 Jauniari 1700.

2. 1 November 1755, Lisbon Portugal, yang berkekuatan 8, 7 SR

Gempa yang diikuti tsunami dan kebakaran itu nyaris menghancurkan seluruh Lisbon dan menewaskan hampis seperempat warga kota itu. Gempa ini juga dirasakan hingga kawasan uatara Afrika, Prancis, dan Utara Italia.

3. 13 Agustus 1868, Arica, Peru (sekarang bagian Cile), yang berkekuatan 9 SR

Hawaii merasakan tsunami akibat gempa lembah pasifik, tapi kerusakannya tidak sebesar di Arequipa di Amerika Selatan. Kota itu hancur dan 25 ribu orang tewas. Gempa dirasakan hingga ke La Paz, di Bolivia. Tsunami setinggi 16 meter menerjang pantai dan menghempaskan sebuah kapal milik AS hingga dua mil ke daratan dan mendaratkannya disebuah tepi tebing setinggi 60 meter.

4. 15 Agustus 1950, Assam, Tibet yang berkekuatan 8, 6 SR

Sekitar 70 desa hilang dalam serangkaian bencana yang dupicu gempa buli epsentrum di Rima, Tibet. Tapi kehancuran paling besar terjadi di negara bagian Assam, India. Di seluruh penjuru kawasan itu, tanah longsor menwaskan 1.526 orang dan menyebabkan sebagian kawasan itu tidak bisa dikenali dari udara.

5. 13 Januari 1906, Pantai Ekuador, yang berkekuatan 8, 8 SR

Gempa dilepas pantai Ekuador itu menyulut tsunami yang menwaskan antara 500-1500 orang sepanjang pantai dari Amerika Tenagh hingga San FRansisco, AS. Di Hawaii, sungai tiba-tiba mengering sekitar 12 jam setelah gempa pertama kemudian airnya naik lagi setelah gelombang besar membanjiri pantai.

6. 4 November 1952, Kamchatka, Rusia, yang berkekuatan 9 SR

Semenanjung vulkanik Rusia berada di dekat episentrum gempa. Tapi, Kepualan Hawaii-lah yang merasakan tsunami yang menyebabkan kerugian jutaan dolar. Tidak ada korban jiwa yang tercatat, meskipun seorang petani Oahu mengaku kehilangan enam ekor sapinya.

7. 22 Mei 1960, Cile, yang berkekuatan 9, 5 SR

Gempa terkuat yang pernah menggunacang bumi ini menyebabkan 4.485 orang tewas dan luka-luka setelah mengguncang kawasan selatan Cile pada 1960.
Tsunami yang mengikuti gempa ini kemudian menewaskan 170 orang setelah gelombang setinggi lima meter menerjang pantai Jepang dan Filipina.
Sehari kemudian gunung berapi Volca Puyehue memuntahkan 6 ribu debu vulkanik ke angkasa dalam erupsi yang berlangsung selama beberapa pekan.

8. 28 Maret 1964, Prince William Sound, Alaska, Amerika Serikat, yang berkekuatan 9, 2 SR

Teluk Alaska hancur setelah gempa di Prince William Sound menyebabkan tanah longsor di Anchorage dan menimbun sebagian pulau itu hingga setinggi 11 meter. Tsunami yang mengikutinya mencapai ketinggian 67 meter dan menyapu kawasan Valdez serta menyebakan 128 orang tewas.

9. 26 Desember 2004, Pantai Barat Sumatera Utara, yang berkekuatan 9,1 SR.

Tsunami termaut di dunia ini dirasakan di 14 negara di seluruh Asia dan Afrika Timur yang dipicu, ”mega diringan” di mana lempeng tektonik India ditekan paksa oleh lempeng Burma. Indonesia adalah kawasan yang terkena dampak terburuk dengan korban mencapai 170 ribu orang dari total 230 ribu jiwa. Dengan banyaknya mayat korban yang tidak ditemukan. Penghitungan jumlah korban memakan waktu sebulan.

10. 27 Februari 2010, Cile, yang berkekuatan 8,5 SR

Kawasan di sekitar Conception dicatat sebagai pusat getaran seismic sejak abad ke-16, tapi hanya sedikit yang menghancurkan seperti gempa yang menyebabkan tsunami dan menewaskan 521 orang pada tahun lalu itu. Dengan 12 ribu orang luka-luka dan lebih dari 800 ribu kehilangan tempat tinggal, Cile berusaha pulih dari bencana itu. 
 
 
(Diolah dari berbagai sumber) okezone

Korban Tewas Gempa & Tsunami Jepang Tembus 2.000

Minggu, 13 Maret 2011 13:50 wib
 Pasukan Bela Diri Jepang membawa korban terkontaminasi radiasi nuklir. (Foto: Reuters)
Pasukan Bela Diri Jepang membawa korban terkontaminasi radiasi nuklir. (Foto: Reuters)
TOKYO - Korban gempa dan tsunami Jepang terus bertambah. Kepolisian Jepang mencatat, korban tewas sudah menembus angka 2.000 orang. Sebagian besar belum berhasil diidentifikasi.

Jumlah ini masih jauh di atas data resmi Pemerintah Jepang yang menyebut jumlah korban tewas sekira 800 orang.

Pihak Kepolisian Jepang seperti dikutip Kantor Berita Kyodo, Minggu (13/3/2011) menyebutkan di Prefektur Fukushima saja sudah ditemukan 1.167 mayat, sementara 600 lebih mayat ditemukan di Prefektur Miyagi dan Iwate. Wilayah-wilayah tersebut berhadapan langsung dengan laut Pasifik, lokasi titik pusat gempa 8,9 Skala Richter yang kemudian direvisi Badan Meteorologi dan Klimatologi Jepang menjadi 9,0 SR.

Sementara pemerintah lokal di masing-masing prefektur masih kesulitan mengetahui nasib puluhan ribu warganya karena kerusakan infrastruktur. Sejauh ini, sebanyak 20.820 bangunan dilaporkan rata dengan tanah dan hilang terbawa tsunami. Sementara lebih dari 300.000 orang di enam prefektur teklah dievakuasi.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 180.000 di antaranya merupakan warga yang tinggal dalam radius 20 kilometer dari reaktor nomor 1 nuklir di Fukushima. Akibat kebocoran radiasi, 19 orang dinyatakan telah terkontaminasi.


source : okezone

Tingkatan Alay Menurut Gaya Tulisannya


Sekarang ini banyak banget alay-alay bergentayangan di dunia. Salah satu ciri dari alay tersebut adalah tulisannya yang aneh dan di luar nalar serta akal sehat. Di sini, saya akan mengklasifikasikan alay-alay ke beberapa tingkatan atau strata menurut dari tulisan mereka (di sini saya bukan mau ngebahas alay dari wajah atau penampilannya, Karena menurut saya, wajah adalah pemberian dari Tuhan yang merupakan anugerah untuk kita. Kalo tulisan kan emang biasanya dibuat oleh para alay itu sendiri).

CIKAL BAKAL ALAY
Cikal bakal alay berasal dari penulisan yang mencampur antara huruf kapital dan tidak. Contoh : “laPer.. mAo maKan tAi kaMbiNg duLu aaHh...” Pernah dengar teori yang bilang kalo awal ketertarikan seseorang tehadap narkoba adalah bermula dari ketertarikan orang tersebut terhadap rokok? saya nggak setuju, Karna nggak semua perokok tertarik dan akhirnya menjadi seorang junkie atau pemakai narkoba.

Dan nggak semua pemakai narkoba adalah seorang perokok. Alay pun begitu, nggak SEMUA ORANG YG MENGGABUNGKAN HURUF KAPITAL DAN TIDAK, NANTINYA AKAN MENJADI SEORANG ALAY DAN TERTARIK UNTUK MENJADI ALAY. SEKALI LAGI saya TEGESIN, nggak SEMUANYA. Tapi sayangnya, menurut riset yang dilakukan oleh badan meteorologi dan geofisika, sebagian besar para alay sendiri, sebelum menjadi alay sejati biasanya telah melewati tahapan menggunakan gabungan huruf kapital dan tidak. Walaupun lagi-lagi sekali lagi saya tegesin : nggak SEMUA YANG MEMAKAI TULISAN SEPERTI ITU NANTINYA AKAN MENJADI ALAY.

Semua tergantung dari individu masing-masing. Seperti dalam buku PPKn yang saya baca (buku PPKn atau biologi saya juga lupa) : sperma itu ada berjuta-juta, dan cuma sperma yang terbaiklah yang bisa masuk ke ovum dan akhirnya berhasil melakukan pembuahan, lalu berubah menjadi embrio dan akhirnya menjadi manusia. Alay pun kayak gitu. Ada banyak orang yang menggunakan huruf campuran antara huruf kapital dan tidak, tapi nggak semuanya yang akhirnya menjadi alay. Cuma yang berjiwa alay sejati yang akhirnya berhasil melewati tahapan ini dan bisa berlanjut ke tahapan kedua.

Dalam buku JK Rowling yang terbaru, ALAY POTTER AND TULISAN DEWA YANG ANEH, alay dibagi menjadi 4 strata:

1. ALAY PEMULA (ALAY BEGINNER)
Alay tahapan pemula adalah alay-alay yang baru mencoba-coba untuk menjadi alay. Biasanya adalah para ABG-ABG labil yang masuk tahapan ini. Alay seperti ini biasanya adalah alay-alay yang sok imut atau mereka-mereka yang mulai menambahkan atau mengganti beberapa huruf yang wajar menjadi huruf yang agak ribet dan ruwet. Contoh: “seNank dech haTi sAaiia.. taDi paGi dianTeRin aMa paCaL duNd.. tapi biNund juGa, tumbEn yaCh paCaL ku saAiianK maO anTeL??” Biasanya, dalam tahapan ini seorang alay belum benar-benar menjadi alay. Mereka baru dalam tahap mencoba-coba untuk menjadi seorang alay.

2. ALAY MENENGAH (ALAY INTERMEDIATE)
Alay menengah nggak jauh beda dengan alay pemula. Bedanya, pada tahapan ini biasanya para alay mulai menggunakan tambahan huruf-huruf di suatu kata yang lebih ekstrim dan makin ribet dibaca. Dan dalam tahapan ini, biasanya para alay juga udah menetapkan dan memantapkan pilihan hidup mereka untuk menjadi seorang alay (lebay). Contoh: “hErandTh juJJa.. kOgh, cAaiiaa gUgh iCa nGwerJaiNth sOaL mTemaTikha yUaaccH..? kaTa paCaLd, aaiiOO sEmaNgadTh beLaJard.. bIaL piNteRd..”

3. ALAY TINGKAT ATAS (HIGH LEVEL OF ALAY)
Alay tingkat atas biasanya selalu menggunakan bahasa-bahasa yang saya bahas sebelumnya, dengan juga menggabungkan angka untuk mengganti beberapa huruf. Contoh: “DucH Gw4 5aiianK b6t s4ma Lo..7aNgaN tin69aLin akYu ya B3ibh”. Alay seperti ini berpotensi untuk masuk tahapan kelima, tahapan yang paling diidam-idamkan oleh para alay. Dan merupakan kasta tertinggi dalam strata alay ini.

4. RAJA DARI SEGALA RAJA ALAY (KING OF ALAY)


 
Inilah raja dari segala raja alay. Alay yang selalu diagung-agungkan oleh para alay. Alay yang selalu menjadi panutan. Alay yang merupakan pemimpin tertinggi dari para alay. Alay tahap ini merupakan alay sejati, yang persentase ke-alay-annya udah nggak diragukan lagi. Mereka-mereka yang termasuk dalam alay tahap ini biasanya telah menemukan jati dirinya sebagai alay sejati. Setelah sekain lama mencari jati diri (jadi tukang odong-odong nggak cocok, jadi dokter nggak bisa) akhirnya mereka menemukan juga jati diri yang sebenarnya : MENJADI ALAY. Alay tahap ini dalam sehari-hari selalu meggunakan bahasa alay kebanggaannya, dan malah mulai menambahkan tanda seru untuk mengganti huruf “i”. Contoh: “hErandTh s4iiA m4 bH5a aLLa!! ii4nK an3H bIn nGaCo, Pi mAsEEch bNya6h aJj4 i!Ank m4k3.. p4kE iiAnK n0rMaLd Jj4 dUmMzz.. bH4sa gN!! m4h b!kiNdTh paLa pUs!inK dUaMzZ..”

So, masuk ke tipe alay manakah anda? mudah-mudahan sih enggak yah. Dan mudah-mudahan saya juga nggak termasuk ke tipe alay manapun.

 
 
 
source: kaskus.us

Beda antara Cinta, Suka, dan Sayang

http://4.bp.blogspot.com/_YBG6sibQW0c/Shxu_fvkNZI/AAAAAAAAAE4/W0TTBMJWnsQ/s400/CINTA.gif
Dihadapan orang yang kau cintai,
Musim dingin berubah menjadi musim semi yang indah
Dihadapan orang yang kau sukai, Musim dingin tetap saja musim dingin,hanya suasananya lebih indah sedikit

Dihadapan orang yang kau cintai

Jantungmu tiba-tiba berdebar lebih cepat
Dihadapan orang yang kau sukai,
Kau hanya merasa senang dan gembira saja.

Apabila engkau melihat kepada mata orang yang kau cintai,

Matamu berkaca-kaca
Apabila engkau melihat kepada mata orang yang kau sukai,
Engkau hanya tersenyum saja

Dihadapan orang yang kau cintai,

Kata-kata yang keluar berasal dari perasaan yang terdalam
Dihadapan orang yang kau sukai
Kata-kata hanya keluar dari pikiran saja.

Jika orang yang kau cintai menangis,engkaupun akan ikut menangis disisinya

Jika orang yang kau sukai menangis,engkau hanya menghibur saja.

Perasaan cinta itu dimulai dari mata sedangkan rasa suka dimulai dari telinga.

Jadi jika kau mau berhenti menyukai seseorang,cukup dengan menutup telingga,
Tapi apabila kau mencoba menutup matamu dari orang yang kau cintai,cinta itu
berubah menjadi tetesan air mata dan terus tinggal dihatimu dalam jarak waktu
yang cukup lama.

'Tetapi selain rasa suka dan rasa cinta… ada perasaan yang lebih mendalam,yaitu

rasa sayang…rasa yang tidak hilang secepat rasa cinta.Rasa yang tidak mudah
berubah.

Perasaan yang dapat membuatmu berkorban untuk orang yang kamu sayangi.

Mau menderita demi kebahagiaan orang yang kamu sayangi.
Cinta ingin memiliki,tetapi sayang hanya ingin melihat orang yang disayanginya bahagia….
walaupun harus kehilangan.



sumber : artikel-motivasi.blogspot.com

Percakapan antara bayi dengan Tuhan




Suatu pagi seorang bayi siap untuk dilahirkan ke dunia. Dia bertanya kepada Tuhan,

Bayi : "Para malaikat di sini mengatakan bahwa besok Engkau akan mengirimku ke dunia, tetapi bagaimana cara saya hidup di sana? saya begitu kecil & lemah."

Tuhan : "Aku sudah memilih 1 malaikat untukmu. Ia akan menjaga dan mengasihimu."

Bayi : "Tapi di sini di dalam surga apa yang pernah kulakukan hanyalah bernyanyi dan tertawa. Ini sudah cukup bagi saya."

Tuhan : "Malaikatmu akan bernyanyi dan tersenyum untukmu setiap hari dan kamu akan merasakan kehangantan cintanya dan menjadi lebih berbahagia."

Bayi : "Dan bagaimana saya bisa mengerti saat orang-orang berbicara kepadaku jika saya tidak mengerti bahasa mereka?"

Tuhan : "Malaikatmu akan berbicara kepadamu dengan bahasa paling indah yang pernah engkau dengar dan dengan penuh kesabaran dan perhatian dia akan mengajarkanmu bagaimana cara berbicara."

Bayi : "Apa yang akan saya lakukan saat saya ingin berbicara kepadamu?"

Tuhan : "Malaikatmu akan mengajarkanmu bagaimana cara berdoa."

Bayi : "Saya dengar bahwa di bumi banyak orang yang jahat, siapakah nanti yang akan melindungi saya?"

Tuhan : "Malaikatmu akan melindungimu walaupun hal itu akan mengancam jiwanya."

Bayi : "Tapi saya pasti akan sedih karena tidak melihatMu lagi."

Tuhan : "Malaikatmu akan menceritakan padamu tentang-Ku dan akan mengajarkan bagaimana agar kamu bisa kembali kepada-Ku, walaupun sesungguhnya Aku akan selalu berada di sisimu."

Saat itu surga begitu tenangnya sehingga suara dari Bumi dapat terdengar dan sang bayi pun bertanya perlahan,

"Tuhan, jika saya harus pergi sekarang, bisakah Engkau memberitahuku nama malaikat tersebut?"

Jawab Tuhan,

....."Kamu akan memanggil malaikatmu, Ibu."
 
 
 

Hipotesis MAHASISWA Misterius yang Mematahkan Jawaban Sang PROFESOR

Seorang Profesor dari sebuah universitas terkenal menantang mahasiswa-mahasiswa nya dengan pertanyaan ini, "Apakah Tuhan menciptakan segala yang ada?".

Seorang mahasiswa dengan berani menjawab, "Betul, Dia yang menciptakan semuanya".

"Tuhan menciptakan semuanya?" Tanya professor sekali lagi. "Ya, Pak, semuanya" kata mahasiswa tersebut.

Profesor itu menjawab, "Jika Tuhan menciptakan segalanya, berarti Tuhan menciptakan Kejahatan. Karena kejahatan itu ada, dan menurut prinsip kita bahwa pekerjaan kita menjelaskan siapa kita, jadi kita bisa berasumsi bahwa Tuhan itu adalah kejahatan".

"Mahasiswa itu terdiam dan tidak bisa menjawab hipotesis professor tersebut. Profesor itu merasa menang dan menyombongkan diri bahwa sekali lagi dia telah membuktikan kalau Agama itu adalah sebuah mitos.

Mahasiswa lain mengangkat tangan dan berkata, "Profesor, boleh saya bertanya sesuatu?".

"Tentu saja," jawab si Profesor,

Mahasiswa itu berdiri dan bertanya, "Profesor, apakah dingin itu ada?"

"Pertanyaan macam apa itu? Tentu saja dingin itu ada.

Kamu tidak pernah sakit flu?" Tanya si professor diiringi tawa mahasiswa lainnya.

Mahasiswa itu menjawab, "Kenyataannya, Pak, dingin itu tidak ada.

Menurut hukum fisika, yang kita anggap dingin itu adalah ketiadaan panas. Suhu -460F adalah ketiadaan panas sama sekali. Dan semua partikel menjadi diam dan tidak bisa bereaksi pada suhu tersebut. Kita menciptakan kata dingin untuk mendeskripsikan ketiadaan panas."

Mahasiswa itu melanjutkan, "Profesor, apakah gelap itu ada?" Profesor itu menjawab, "Tentu saja itu ada."

Mahasiswa itu menjawab, "Sekali lagi anda salah, Pak.

Gelap itu juga tidak ada. Gelap adalah keadaan dimana tidak ada cahaya. Cahaya bisa kita pelajari, gelap tidak.

Kita bisa menggunakan prisma Newton untuk memecahkan cahaya menjadi beberapa warna dan mempelajari berbagai panjang gelombang setiap warna. Tapi Anda tidak bisa mengukur gelap. Seberapa gelap suatu ruangan diukur dengan berapa intensitas cahaya di ruangan tersebut. Kata gelap dipakai manusia untuk mendeskripsikan ketiadaan cahaya."

Akhirnya mahasiswa itu bertanya, "Profesor, apakah kejahatan itu ada?"

Dengan bimbang professor itu menjawab, "Tentu saja, seperti yang telah kukatakan sebelumnya.

Kita melihat setiap hari di Koran dan TV. Banyak perkara kriminal dan kekerasan di antara manusia. Perkara-perkara tersebut adalah manifestasi dari kejahatan."

Terhadap pernyataan ini mahasiswa itu menjawab, "Sekali lagi Anda salah, Pak.

Kajahatan itu tidak ada. Kejahatan adalah ketiadaan Tuhan. Seperti dingin atau gelap, kajahatan adalah kata yang dipakai manusia untuk mendeskripsikan ketiadaan Tuhan.

Tuhan tidak menciptakan kajahatan. Kajahatan adalah hasil dari tidak adanya kasih Tuhan dihati manusia. Seperti dingin yang timbul dari ketiadaan panas dan gelap yang timbul dari ketiadaan cahaya."

Profesor itu terdiam.

Nama mahasiswa itu adalah Albert Einstein .

 
 
 
 
 

Ajaib! Piring Diberi Nasi Seminggu Tak Basi




Salah satu peninggalan bersejarah yang dipajang di Museum Keraton Sumenep adalah Piring ajaib yang dikenal dengan 'Magic Power'.

Piring ajaib ini merupakan tempat nasi berbentuk oval, bergambar raja Sampang, Condronegoro yang memerintah pada tahun 1830. Piring nasi tersebut diberikan sebagai hadiah pada raja Sumenep ke-32, Sultan Abdurrahman Pakunataningrat(1811-1854).

Guide Museum Keraton, Erfandi, Senin (22/11/10) menjelaskan, piring nasi tersebut bukan piring nasi biasa, dan diyakini punya daya magis tersendiri. "Buktinya, menurut legenda yang tersebar, nasi yang dihidangkan di atas piring tersebut tidak basi meskipun sudah satu minggu," kata Erfandi.

Ditambahkan, piring nasi tersebut biasanya digunakan untuk sajian saat menjamu tamu kerajaan yang datang. "Jadi berdasarkan sejarahnya, karena piring ini memang hadiah khusus dari raja Condronegoro, maka ini merupakan koleksi berharga kerajaan masa itu. Tamu-tamu terhormat akan dijamu dengan hidangan di atas piring ini," ujar Erfandi.

Saat ini piring nasi tersebut dipajang di Museum Keraton Sumenep, karena punya nilai sejarah yang pantas diketahui masyarakat luas. "Termasuk keunikan dan keajaiban piring nasi ini. Ya maklum mbak, jaman dulu kan belum ada 'Magic Jar' seperti sekarang. Yang ada ya'Magic Power' seperti piring ini," pungkas Erfandi sambil tersenyum.
 
 
 

Binatang Ajaib, Jika di Bunuh Bisa Kena Kutukan


Berikut ini binatang-binatang yang ajaib, bisa dibilang seperti itu, tapi semua itu tergantung kita, boleh percaya boleh tidak, tapi tradisi dan budaya manusia di beberapa negara telah mensakralkan ketiga binatang ini

1. Kucing

aboi tau dong, apalagi orang indonesia. kalo kata orang dulu nih siapa yang nabrak kucing sampe mati dan tidak dikuburkan dengan baik, maka si penabrak akan mengalami hal yang sama dengan apa yang terjadi dengan kucing tersebut. misal kita nabrak kucing sampai kepalanya pecah, maka si penabrak akan meninggal dengan keadaan kepala pecah juga gan SEREM ya. hhhiiiiiiiii. Setelah itu mitos lainnya nih
boi, klo kita liat kucing item, maka akan terjadi sesuatu yang ga kita inginkan. selain itu bila ada jenazah yang dilompati oleh kucing maka jenazah itu akan hidup. hihihihihihi. serem ya tapi sampai saat ini aing belum pernah ngeliat gtu boi. tapi klo kata orang-orang dulu gtu. percaya ga percaya sih boi.

2. Ular


ular itu mitosnya sama aja kayak kucing
boi. klo misal kan kita ngebunuh ular pada saat istri kita hamil, kata orang dulu bisa bisa anak kita nanti jadi kayak ular. entah matanya rusak bila kita ngancurin mata tuh ular.atau jadi bersisik kayak ular. dan bila kita ngebunuh ular dan menyebabkan matanya atau sesuatunya ancur, maka si pembunuh ular itu akan mati dengan keadaan yang sama dengan ular yang dibunuhnya.hihihihiihhi serem ya boi. percaya ga percaya boi

3. Sapi


sapi itu adalah binatang paling suci di india dan bali
boi atau lebih utama orang hindu. bagi mereka sapi adalah titisan dewa dan paling suci. jadi ga ada tuh yang berani makan sapi. makan aja ga berani apalagi cuman mukulin tuh sapi boi. beuh makanya jangan heran klo di india atau bali, sapi tuh berkeliaran gtu aja tanpa ada yang berani ganggu boi.katanya klo ada yang makan sapi maka akan terjadi karma boi. serem ya.hihihihih percaya ga percaya.

 
 
 
source : feedproxy.google.com

Mengapa Manusia Berbeda dengan Simpanse

Hilangnya sejumlah DNA merupakan satu alasan yang menyebabkan manusia berbeda simpanse. 

Simpanse Bonobo (Livescience.com)
 
Perubahan DNA telah menghasilkan dampak yang besar terhadap evolusi manusia. Dari temuan terbaru yang dipublikasikan di jurnal Nature, peneliti tidak saja mengungkapkan apa yang didapat manusia selama evolusi, namun juga menjelaskan apa kehilangan yang dialami.

Dari penelitian, hilangnya sejumlah DNA merupakan satu dari jutaan alasan yang menyebabkan manusia berbeda dengan primata terdekat yakni simpanse.

Seperti diketahui, manusia dan simpanse memiliki 96 persen kesamaan genome. Namun demikian, dengan berjalannya evolusi, ada DNA yang sudah tidak lagi ditemukan pada manusia namun tetap ada di simpanse.

Salah satunya adalah DNA yang berfungsi untuk menumbuhkan tulang pada penis manusia jantan. Namun, hilangnya DNA ini memiliki dampak positif yakni membesarnya ukuran otak manusia. Lalu, apa alasan yang membuat tulang di penis manusia berevolusi hingga menghilang?

“Pada spesies primata dengan tulang penis, betina cenderung kawin dengan banyak pejantan,” kata David Kingsley, peneliti dari Stanford University, seperti dikutip dari LiveScience, 11 Maret 2011. “Tulang di penis berfungsi agar penis mampu menguras sperma pejantan lain yang sudah ada di dalam vagina,” ucapnya.

Dengan demikian, kata Kingsley, sperma milik pejantan itulah yang akan membuahi sel telur betina itu.

“Hilangnya tulang di penis pejantan juga terlihat pada spesies lain yang berevolusi menuju ke kehidupan monogami,” ucap Kingsley. “Jadi, dengan semakin manusia hidup dengan pasangannya dan melakukan reproduksi secara monogami, penis tidak perlu lagi memiliki fungsi untuk menguras alat reproduksi betina-nya,” ucapnya.
 
 
 

Fantasi Seks Cewek 'ABG' & Dewasa

(Foto: corbis)

(Foto: corbis)
PIKIRAN adalah imajinasi kita yang bebas dan mampu menghasilkan mimpi yang paling menakjubkan. Fantasi seksual sendiri, dalam banyak hal, ibarat mimpi saat kita terjaga.

Beberapa skenario yang difantasikan wanita untuk dapat diwujudkan dalam kehidupan nyata, berikut di antaranya, seperti dilansir dari Thirdage:

Wanita matang
1. Wanita matang cenderung berfantasi seks dengan seorang pria yang jauh lebih muda, atau orang dari etnis yang berbeda, atau pria yang lebih rendah status sosialnya daripada mereka.

2. Quickie sex dengan orang asing, biasanya di pesawat atau kereta.

3. Menjadi kewalahan dan berada dalam posisi terdesak. Itulah sebabnya mereka berfantasi tentang pemerkosaan (tetapi tidak menyakitkan atau kasar) yang mengandung unsur tantangan.

4. Seks dengan seseorang yang peduli pada mereka dalam suatu kapasitas atau wewenang yang sah, seperti dokter.

Wanita lebih muda

1. Seks bersama pria yang lebih tua.

2. Bercinta di lokasi dan setting tak biasa, misalnya pantai sepi di sebuah pulau yang indah.

Sisi menyenangkan dari fantasi seks adalah keberadaannya yang tak bisa diketahui orang lain. Tidak ada kamus yang menyatakan bahwa fantasi Anda adalah ilegal dan tidak nyata, sebab itulah fantasi.

Setidaknya, fantasi membuat kita tetap waspada dan "hidup". Keingintahuan seksual dalam kehidupan nyata dapat menyebabkan masalah nyata, tetapi dalam fantasi, segala sesuatunya tersembunyi dengan baik.

Jadi, jangan kehilangan hak Anda untuk menikmati fantasi seks. Ketika datang fantasi seksual, biarkan imajinasi Anda berjalan liar, benar-benar milik Anda. Dan apakah Anda memilih untuk berbagi dengan orang lain, itu adalah pilihan Anda.


Okezone


Kenapa Penis Manusia Tak Bertulang?

Jean-Michel Krief
Illustration
Misteri tentang asal-usul manusia beserta perubahan pada bentuk tubuhnya menjadi hal menarik untuk diungkap. Upaya para ahli genetika di dunia untuk menelusurinya tidak pernah berhenti. 
Salah satu temuan terkini dan penting diketahui adalah bagaimana proses evolusi ini telah membuat beberapa bagian tubuh manusia modern berbeda dengan nenek moyangnya.
Para ahli di Amerika Serikat baru-baru ini mengungkap alasan mengapa manusia memiliki otak berukuran besar dan dikaruniai alat vital yang lunak dan tak bertulang. Menurut teori para ilmuwan, hal ini rupanya diakibatkan oleh hilangnya beberapa rantai atau sekuen DNA selama proses berjalannya evolusi.
Dalam laporan yang dipublikasi jurnal Nature, para ilmuwan dari Stanford University menunjukkan perbedaan antara manusia dan kerabat mamalia terdekatnya, yakni simpanse. Kata mereka, perubahan ini merupakan akibat dari hilangnya sekuen DNA sejak sekitar 6 juta tahun lalu.
Para wanita di dunia ini tampaknya patut bersyukur terhadap perubahan tersebut karena di antara DNA yang "terbuang" itu ada yang dapat memicu penis menjadi bertulang. DNA ini pula yang diduga membuat simpanse kini memiliki penis yang "tajam" dan bertulang.
Salah seorang penulis laporan, Profesor David Kingsley, dari Howard Hughes Medical Institute pada Stanford University, mengatakan bahwa hilangnya tulang pada penis mungkin menjadi salah satu faktor mengapa manusia kini mengembangkan hubungan monogami.
Sementara itu, simpanse dan makhluk mamalia lainnya dipercaya menggunakan alat reproduksi vitalnya dengan menghilangkan kompetisi sperma.
"Organisme yang memiliki penis bertulang secara umum memiliki sistem pasangan yang kompetitif," ungkap Profesor Kingsley.
"Betina akan berpromosi ketika mereka dengan subur dan mereka hanya bisa berhubungan seks di sekitar masa ovulasi. Masa ovulasi pada manusia tersembunyi dan para wanita dalam spesies kita dapat berhubungan seks untuk jangka waktu lama. Hilangnya tulang dalam penis adalah rangkaian yang utuh yang berkaitan dengan ikatan jangka panjang dan bukannya perjumpaan yang sesaat," papar Kingsley.
Dalam penelitiannya, para ahli membandingkan gen manusia modern dengan simpanse dan beruk. Para ahli mengidentifikasi segmen 510 DNA yang hilang pada manusia, tetapi sangat eksis pada simpanse dan beruk. Riset ini juga menggunakan analisis komputer untuk mengidentifikasi hilangnya sekuen DNA yang terkluster di sekitar gen-gen tertentu. 
"Kami melihat lebih banyak perubahan di sekitar gen yang terlibat dalam pengiriman sinyal hormon steroid," ungkap Profesor Kingsley.
Menurut peneliti, perubahan juga lebih banyak tampak di sekitar gen-gen yang terlibat dalam perkembangan sistem saraf. 
Penelitian juga dilakukan dengan menggunakan tikus di laboratorium untuk mencari dua sekuen DNA. Yang pertama berhubungan dengan gen reseptor androgen, sementara yang kedua berkaitan dengan gen GADD45g yang menekan pertumbuhan sel-sel. Riset pada tikus itu menemukan, gen yang pertama berkaitan dengan genital, sedangkan gen GADD45g berkaitan dengan pertumbuhan otak.
Kingsley mengatakan, hilangnya gen, yang membuat sel-sel otak dapat terus  berkembang di bawah kendali, mungkin berkontribusi pada pertumbuhan otak yang lebih besar. Namun, ia menyatakan bahwa hilangnya struktur DNA hanyalah salah satu faktor dalam perkembangan sebuah keturunan baru.


KOMPAS.com

Salahkah Narsis di Facebook?


Narsis di jejaring sosial Facebook dengan memasang foto- foto pribadi dan keluarga sah-sah saja. Hanya saja, jangan sampai hal itu mengundang polemik politik, apalagi seputar agen rahasia.
Foto liburan dan keterangan rinci mengenai Kepala Dinas Intelijen Inggris, MI6, yang baru telah dihapuskan dari halaman jejaring sosial Facebook setelah sebuah surat kabar memberi tahu pemerintah mengenai hal itu. Foto di Facebook itu dipublikasikan di harian The Mail, Minggu (5/7), dan memperlihatkan bos baru MI6, John Sawers, mengenakan topi sinterklas sedang bermain Frisbee bersama anak-anaknya di sebuah pantai.
Surat kabar tersebut mengatakan, informasi itu ditampilkan istri Sawers di Facebook. Tampilan itu lengkap dengan foto-foto liburan, nama ketiga anak mereka, dan lokasi rumah mereka di London.
Akhirnya, halaman Shelley Sawers dihapuskan dari Facebook walaupun masih ada halaman yang memperlihatkan foto istri petinggi intelijen itu. Beberapa politikus mengatakan, hal itu merupakan kecerobohan, sedangkan yang lainnya mengatakan hal itu tidak mengungkapkan apa pun kecuali masalah rumah tangga sang bos intelijen.
”Mengenakan pakaian renang merek Speedo bukanlah rahasia negara. Cobalah dewasa sedikit,” ujar Menteri Luar Negeri David Miliband.
Akan tetapi, anggota dari kubu konservatif, Patrick Mercer, yang mengepalai subkomite antiterorisme, mengatakan, hal tersebut membuka peluang bagi Sawers menerima kritik dan pemerasan. Juru bicara Liberal Demokrat, Edward Davy, mengatakan akan mengadakan dengar pendapat seputar ”kebocoran” tersebut.
”Biasanya, saya selalu menginginkan keterbukaan yang lebih besar dari para pejabat pemerintah, tetapi keterbukaan semacam ini sungguh merupakan suatu kecerobohan,” ujarnya kepada The Mail menanggapi foto keluarga itu. John Sawers baru bulan lalu diangkat menjadi kepala baru MI6.
Dia adalah bekas mata-mata, diplomat, dan penasihat hubungan luar negeri mantan Perdana Menteri Tony Blair. Hingga tahun 1990-an, Pemerintah Inggris merahasiakan identitas pemimpin agen rahasia dan hanya mengidentifikasinya sebagai ”C”.
Hingga tahun 1992, pemerintah masih juga enggan mengonfirmasikan bahwa organisasi itu eksis. Perlahan, pemerintah mulai terbuka mengenai organisasi intelijen MI6 dan organisasi intelijen domestik MI5, hingga akhirnya keluarga pemimpin intelijen terbuka identitasnya melalui Facebook. Facebook memang dahsyat.



KOMPAS.com

Kepribadian Narsistik dan Facebook

shutterstock

Dalam ilmu psikologi, mereka yang memiliki kepribadian narsistik merupakan orang yang jauh lebih mencintai dirinya daripada orang lain. Akibatnya seringkali mereka sulit berempati kepada orang lain.
Kecuali narsis, orang yang tidak mampu mencintai juga egois, mau enak sendiri dan kurang percaya diri. Mereka juga sulit terikat dalam komitmen jangka panjang dengan satu pasangan. Makanya orang tipe ini sulit mengikatkan diri pada perkawinan monogami.
Menurut para ahli dari American Psychiatric Association, pada umumnya orang narsistik juga memiliki gangguan kepribadian lainnya, seperti histrionic personality disorder yang sangat ekspresif dalam menunjukkan emosinya.
Meski sebagai awam sulit mengenali ciri-ciri orang yang narsistik, namun sebuah penelitian yang dilakukan para ahli dari University Georgia, Amerika, menyebutkan bahwa laman profil di situs jejaring sosial Facebook bisa mengungkap kepribadian narsis seseorang.
Dalam studi yang mereka lakukan terhadap 130 pengguna Facebook ditemukan jumlah teman dan postingan dinding (wall post) berkaitan erat dengan tingkat kenarsisan seseorang. Orang yang narsis biasanya memiliki jumlah teman yang banyak namun sebenarnya tidak punya relasi yang dalam dengan orang-orang tersebut.
"Dalam kehidupan nyata juga demikian, mereka punya banyak teman tapi tidak ada yang dekat secara personal. Yang penting untuk mereka adalah kuantitas, bukan kualitas," kata Laura Buffardi, Ph.D, ketua peneliti yang risetnya dipublikasikan dalam jurnal Personality and Social Psychology Bulletin.
Facebook juga dipakai sebagai sarana untuk mempromosikan diri orang yang narsis. Karena itu mereka suka memasang foto profil yang menarik dan berbeda untuk membuat orang lain terpesona.
"Orang yang narsistik mungkin terlihat sebagai orang yang menarik hati namun sebenarnya mereka merasa diri lebih hebat. Mereka juga suka menggunakan orang lain untuk keuntungannya sendiri, dalam jangka panjang mereka akan melukai orang lain dan dirinya sendiri," kata W.Keith Campbell, salah seorang peneliti.
Meski begitu, Campbell mengatakan bukan berarti penggemar Facebook adalah orang yang narsis. "Orang yang narsistik menggunakan Facebook seperti mereka menggunakan relasi sosial lainnya, hanya untuk mempromosikan dirinya," katanya.



Kompas.com

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCpenney Printable Coupons