Monday, March 14, 2011

Khasiat dan Manfaat Yang Terkandung Di Dalam Buah Kurma


“man tashabbaha kulla yaumin sab’a tamaraatin ‘ajwatan lam yadhurrahu fii dzalikal yaumi summun walaa sihrun”. (shohiihul bukhaari)

Sabda Rasulullah SAW :

“Barang siapa yang makan pagi dengan tujuh butir kurma Ajwah, maka tak akan mencelakainya racun dan sihir dihari itu”. (Riwayat Shahih Al-Bukhari)Hadits ini menjelaskan tentang keutamaan sunnah memakan buah kurma ajwah di pagi hari. Buah kurma sebagaimana di ketahui memang mempunyai khasiat tertentu untuk pengobatan, seperti untuk meningkatkan kadar gula darah, kemudian katanya juga bisa untuk mengobati katarak pada mata dengan memakan paling sedikit 3 buah kurma selama beberapa bulan.

Pada hadits diatas dikatakan kurma ajwah (yaitu kurma yang ditanam langsung oleh rasulullah saw di madinah), jadi bukan kurma yang biasa. Kurma ini bentuknya tidak lebih besar dari kurma yang lainnya, biasanya hanya setengah ibu jari kita, warnanya lebih hitam dari kurma yang lain, ada juga yang menyebutnya kurma Nabi, karena memang ditanam langsung oleh Rasulullah.

Hadits ini menjelaskan bahwa kurma ajwah bisa untuk menangkal racun dan sihir, mungkin karena kandungan yang ada di dalam kurma ini yang menyebabkan bisa untuk menetralisir racun, karena itulah nabi menganjurkannya memakan 7 buah di pagi hari. Lalu kenapa bisa untuk menangkal sihir, ini menjelaskan bahwa kurma ini membawa keberkahan bagi yang memakannya, di sebabkan Nabi saw sendiri yang menanamnya, bibit dari kurma ini telah bersentuhan dengan tangan baginda Nabi saw yang mulia, yang memang membawa keberkahan, karena itulah kurma ini bisa menangkal sihir.

Pohon kurma ajwah ini masih ada di madinah sampai sekarang, jadi sudah lebih dari 14 abad atau 1429 tahun sejak pertama kali di tanam oleh rasulullah saw, jumlahnya hanya sekitar seratusan pohon.

Khasiat Kurma
Tidak hanya nikmat disantap, kurma pun mempunyai banyak khasiat. Disarikan dari berbagai sumber, khasiat yang dikandung antara lain:

1. Jika dimakan tanpa membuang kulitnya, dapat melancarkan pencernaan dan mencegah peradangan usus.

2. Bagi perempuan menyusui, kandungan zat besi dan kalsium dalam kurma dapat menambah kuantitas air susu.

3. Kurma pun berperan membantu pembentukan darah dan sumsum tulang bagi bayi yang disusui.

4. Kurma dipercaya memberi tambahan tenaga untuk ibu hamil.

5. Menurut hasil penelitian, jus kurma dapat memperkuat urat-urat rahim, sehingga proses melahirkan lebih mudah. Juga mengurangi pendarahan ketika melahirkan serta menguatkan organ rahim.

6. Konon, bayi yang disusui ibu yang rajin mengonsumsi kurma, akan tumbuh menjadi anak yang cerdas.

7. Sangat baik untuk mengatasi masalah sembelit, lemah otot, letih, stres, dan pegal.

8. Membantu menguatkan daya ingat.

9. Perempuan Arab percaya kurma dapat menghaluskan kulit. Biasanya dengan campuran bahan lain dijadikan kosmetik pelengkap kecantikan.

10. Kadar kalium yang terdapat dalam kurma dapat mengurangi risiko serangan stroke dan darah tinggi.

11. Bagi penderita batuk, kandungan gulanya dapat menghilangkan gatal-gatal di kerongkongan, sekaligus menghentikan batuk.

12. Jus kurma juga berkhasiat mengurangi penyakit insomnia.

13. Kurma dapat menambah nafsu makan dan seksual.

14. Zat besi dan hidrat arang yang terkandung cukup baik bagi penderita anemia dan lesu kronis.

15. Mempunyai andil menghangatkan badan dan meningkatkan daya kerja otak.

Tidak Mengandung Lemak
Kurma ternyata memiliki segudang manfaat. Kandungan protein dan gula alaminya sangat mudah dicerna, sehingga baik dikonsumsi orang yang sudah seharian berpuasa. Kandungan potasium dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan dapat mengurangi risiko serangan stroke. Dalam buah kurma, potasium dikenal sebagai excellent source karena bermanfaat mengatasi dan mengurangi keletihan.

Kurma juga dipercaya sebagai penyumbang tenaga paling besar. Dapat menyuplai kalori dalam jumlah besar. Karena itu, berbukalah dengan kurma secukupnya. Jika terlalu banyak akan mengurangi nafsu makan.

Masih berbicara tentang kandungan kurma, para ahli gizi mengatakan, buah ini juga mengandung kalium. Zat yang sangat berguna menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Fungsi mineralnya membuat denyut jantung teratur, mengaktifkan kontraksi otot, dan menstabilkan tekanan darah.

Buah kurma tidak mengandung lemak, namun kandungan karbohidratnya dapat menghasilkan energi (tenaga) tinggi. Begitu besar manfaat kurma, sehingga para perempuan Arab menggunakan sebagai formulasi menjaga kehalusan kulit. Mereka gemar menyantap kurma, menyajikan pada tamu sebagai tanda penghormatan, dan juga menggunakan untuk pelengkap masakan.

Kurma merupakan jenis tumbuhan palem atau dalam bahasa Latinnya Phonex dactylifera. Dapat dimakan selagi mentah ataupun matang. Umumnya tumbuh di dataran Timur Tengah, antara lain Madinah, Mesir, dan Tunisia.

Kandungan Nutrisi:
1. Air 22.50 g
2. Energi 275 kal
3. Energi 1.151 kj
4. Protein 1,97 g
5. Lemak 0,45 g
6. Karbohidrat 73,51 g
7. Serat 7,5 g
8. Ash 1,58 g
Mineral:
1. Kalsium, Ca 32 mg
2. Zat Besi, Fe 1,15 mg
3. Magnesium, Mg 35 mg
4. Fosfor, P 40 mg
5. Potasium, K 652 mg
6. Sodium, Na 3 mg
7. Zinc, Zn 0,29 mg
8. Copper, Cu 0,288 mg
9. Manganese, Mn 0,298 mg
10. Selenium, Se 1,9 mcg
Vitamin:
1. Thiamin 0,090 mg
2. Riboflavin 0,100 mg
3. Niacin 2,200 mg
4. Pantothenic 0,780 mg
5. Vitamin B-6 0,192 mg
6. Folate 13 mcg
7. Folate, food 13 mcg
8. Vitamin A, 50 IU
9. Vitamin A, RE 5 mcg_RE
10. Vitamin E 0,100 mg_ATE

 
 
 
 

0 komentar:

Post a Comment

Coment dengan bahasa yang baik dan sopan yah, jangan lupa kirimkan kritik dan saran-nya, terima kasih...

**Salam Blogger**

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCpenney Printable Coupons