Thursday, March 24, 2011

Plastik Sebabkan Menopause Dini?


(Ilustrasi: Google image)
(Ilustrasi: Google image)
LONDON - Bahan kimia yang terkandung dalam plastik disebut-sebut bisa meningkatkan risiko menopause dini pada wanita. Demikian hasil penelitian terbaru yang dilakukan West Virginia University School of Medicine.

Penelitian itu menemukan, plastik yang memiliki kadar PFC (perfluorocarbon) tinggi bisa menyebabkan perubahan dalam siklus kehidupan. Salah satu peneliti Dr Sarah Knox menyebut, "Tidak diragukan bahwa terdapat hubungan antara PFC dengan menopause dini. Tapi, hubungan sebab akibatnya masih belum jelas."

"Salah satu penjelasannya bisa jadi karena wanita di rentang usia ini memiliki kadar PFC lebih tinggi karena mereka tidak lagi kehilangan PFC yang keluar melalui darah menstruasi," lanjut Knox seperti dikutip Telegraph, Kamis (24/3/2011).

Studi yang dipublikasikan di Endocrine Society’s Journal of Clinical Endrocrinology & Metabolism ini menemukan, tingkat PFC yang tinggi diasosiasikan dengan risiko menopause pada wanita usia 42 hingga 64.

Lebih lanjut, penelitian itu juga mengungkap, wanita dengan kadar PFC tinggi pada kelompok usia ini diyakini memiliki hormon esterogen lebih sedikit dibandingkan wanita dengan kadar PFC lebih rendah.

"Ini merupakan studi terbesar yang dilakukan untuk mengetahui efek PFC terhadap manusia, terutama wanita. Data kami menunjukkan, wanita yang sudah memasuki periode peri-menopausal lebih mungkin mengalami menopause jika mereka memiliki konsentrasi serum PFC yang lebih tinggi," tutup Dr Knox.


Okezone.com

0 komentar:

Post a Comment

Coment dengan bahasa yang baik dan sopan yah, jangan lupa kirimkan kritik dan saran-nya, terima kasih...

**Salam Blogger**

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCpenney Printable Coupons