Wednesday, May 7, 2014

Kota-kota Ramah Pejalan Kaki di Indonesia

1. BANDUNG, JAWA BARAT
Quote:Parijs van Java, Kota Kembang, Kota Mode. Apa pun sebutan Anda tentang Bandung, kota ini sangat cocok dieskplorasi dengan berjalan kaki. Trotoar lebar menghiasi kawasan ramai turis, pun yang paling banyak peninggalan bangunan Belanda.
Mulai dari Hotel Panghegar ke Jalan Asia Afrika, Alun-alun, Masjid Agung, Kantor Pos, hingga Jalan Braga dan berujung pada Balai Kota. Sepanjang jalanan ini, agan bisa melihat aneka bangunan peninggalan zaman Belanda. Kafe-kafe dan pertokoan yang berderet bisa dimasuki untuk wisata kuliner dan belanja. Tak puas hanya sampai Balai Kota? Teruskan perjalanan Agan ke Jalan Ir H Juanda alias Dago, kemudian Jl Riau berujung pada Gedung Sate

Spoiler for :

Quote:
Pedestrian di Bandung

Quote:
Alun-alun dan Masjid Agung

Quote:
Jalan Dago

Quote:
Gedung Sate

Quote:
Jalan Brage



2. LABUAN BAJO, NTT
Quote:Traveler yang akan menyambangi Taman Nasional Komodo biasanya memulai perjalanan dari Labuan Bajo. Ini adalah kota mungil di Kabupaten Manggarai Barat, Pulau Flores. Meski hanya sebagai tempat transit, Labuan Bajo sangat menyenangkan untuk dijelajahi dengan berjalan kaki.
Pertokoan dan kafe-kafe nyaman berderet di dekat pantai. Trotoar membentang sepanjang jalan, cukup luas untuk turis berjalan. Tak terlalu banyak kendaraan yang lalu-lalang, sehingga Agan bisa menghirup udara segar khas tepi pantai.
Jalanan di Labuan Bajo cukup berkontur. Terus menanjak ke atas bukit, pemandangan teluk beserta pelabuhannya terhampar cantik di depan mata. Saat malam, Labuan Bajo juga asyik dijelajahi

Spoiler for labuan bajo:

Quote:
Kota Labuan Bajo

Quote:
Pelabuhan

Quote:
Pelabuhan

Quote:
Toko Souvenir


3. MALANG, JAWA TIMUR
Quote:Sebagai kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya, Malang menjadi destinasi yang nyaman dikunjungi wisatawan. Kota sejuk ini juga punya beberapa gedung peninggalan Belanda, termasuk Jalan Ijen yang sangat cantik.
Menyusuri Jalan Ijen, traveler bisa memasuki beberapa tempat wisata dan museum seperti Museum Brawijaya, Gereja Khatolik, juga Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang. Agan juga bisa berjalan santai di kawasan Alun-alun, Masjid Agung, kemudian mampir di Toko Oen untuk berwisata kuliner.

Spoiler for malang:

Quote:
Pedestrian di Malang

Quote:
Pedestrian di Malang

Quote:
Alun-alun Kota

Quote:
Museum Brawijaya

Quote:
Perpus Umum


4. BUKITTINGGI, SUMATERA BARAT
Quote:Jam Gadang bukanlah satu-satunya tempat yang wajib dikunjungi di Bukittinggi. Kota kecil nan sejuk di Sumatera Barat ini jadi destinasi asyik untuk berjalan kaki. Meski kotanya kecil, banyak tempat yang bisa dikunjungi.
Tak perlu repot-repot ke luar kota untuk melihat salah satu ngarai tercantik di Indonesia: Ngarai Sianok. Tak jauh dari sana, berjalan ke Goa Jepang untuk melihat lebih dalam peninggalan Jepang pada Perang Dunia II.
Agenda berjalan kaki belum lengkap tanpa melintasi Jembatan Limpapeh, yang terhubung langsung dengan Kebun Binatang. Agan bisa menghabiskan seharian jalan kaki di Bukittinggi termasuk mengunjungi Rumah Bung Hatta, Pasar Atas, dan Pasar Bawah untuk wisata kuliner.

Spoiler for Bukit Tinggi:

Quote:
Pedestrian di Bukit Tinggi

Quote:
Goa Jepang

Quote:
jembatan limpapeh

Quote:
Jam Gadang

Quote:
museum bung hatta


5. SEMARANG, JAWA TENGAH
Quote:Kota lain di Pulau Jawa yang punya banyak bangunan peninggalan Belanda adalah Semarang. Setidaknya ada 3 kawasan di mana Agan bisa jalan kaki sepuasnya: Pecinan, Kota Tua, dan Simpang Lima.
Kawasan Pecinan di Semarang adalah salah satu yang paling cantik, pun terjaga keasliannya. Di sini traveler bisa memasuki kuil-kuil seperti Sam Po Kong, Masjid Cheng Ho, dan berwisata kuliner khas peranakan.
Di kawasan Kota Tua, berjalanlah di antara gedung-gedung peninggalan kolonial Belanda termasuk Gereja Blenduk yang berkubah. Sore menuju malam, langkahkan kaki ke Simpang Lima. Masukilah Lawang Sewu, dan susurilah pinggir jalan untuk wisata kuliner malam.

Spoiler for Semarang:

Quote:
Pedestrian di Semarang

Quote:
Gereja Blenduk di Kota Tua

Quote:
Pecinan

Quote:
Simpang Lima (Nyimpang dua aja bingung apa lagi nyimpang lima )

Quote:
Lawang Sewu


6. BATU, JAWA TIMUR
Quote:Batu adalah kota mungil sekitar 20 Km sebelah barat Malang, Jawa Timur. Kota sejuk ini terletak persis di lereng Gunung Arjuna dan Gunung Welirang. Terbayang kan, indahnya pemandangan saat Agan jalan kaki menyusuri kota?
Langkahkan kaki Agan ke Alun-alun. Batu punya salah satu alun-alun tercantik di Indonesia, punya instalasi lampu yang menyala warna-warni saat malam. Agan juga bisa belanja aneka camilan khas: beragam olahan apel, stroberi, juga susu segar.
Rumah-rumah penduduk di Kota Batu sangat cantik. Sepanjang jalan Agan akan menemukan rumah-rumah dengan halaman yang dipenuhi bunga, pohon cemara, bahkan pinus. Usai menyusuri Kota Batu, saatnya bertolak ke Air Terjun Coban Rondo atau Taman Bunga Selecta naik kendaraan umum

Spoiler for Batu:

Quote:
Alun-alun Kota

Quote:
Alun-alun Kota

Quote:
Quote:
Selecta


7. YOGYAKARTA, DI YOGYAKARTA
Quote:Bisa dibilang, Kota Yogyakarta adalah kiblatnya traveler di Pulau Jawa baik domestik maupun mancanegara. Kota Gudeg ini punya banyak suguhan mulai dari tempat wisata, museum, pertunjukan budaya, sampai kuliner yang menggugah selera.
Dokar atau andong menjadi alat transportasi favorit keliling Kota Yogyakarta. Bagi yang pertama kali menyambangi kota ini, bolehlah naik andong terlebih dahulu untuk mengenal ruas-ruas jalan di Yogyakarta. Selebihnya, serahkan nasib ke mana kaki melangkah!
Mulailah dari Stasiun Tugu ke arah Malioboro, menyusuri Jalan Malioboro sampai Benteng Vredeburg. Sebelum memasuki benteng, masukilah Pasar Beringharjo untuk belanja atau wisata kuliner. Langkahkan kaki Agan lebih jauh ke kawasan Taman Sari dan Keraton, juga Alun-alun Selatan tempat mencoba mitos beringin kembar

Spoiler for Yogyakarta:

Quote:
Malioboro

Quote:
Keraton

Quote:
Kawasan 0 Km

Quote:
Tamansari

Quote:
Masjid Bawah Tanah Tamansari


8. BOGOR, JAWA BARAT
Quote:Meski identik dengan hujan, Bogor adalah kota yang pas untuk berjalan kaki. Rindangnya pepohonan di sepanjang jalan membuat agenda berjalan kaki jadi menyenangkan, dan terhindar dari teriknya sinar matahari.
Mulailah agenda jalan kaki dari air mancur di Jl Sudirman sampai menemukan Istana Bogor yang rindang. Pilih sendiri akan bertolak ke mana, sebelah kiri atau sebelah kanan.
Kalau belok ke kiri, Agan akan menemukan Taman Kencana. Inilah tempat warga dan turis mengobrol santai di kafe-kafe ternama seperti Macaroni Panggang, Death by Chocolate, dan Pia Apple Pie.
Kalau bertolak ke kanan, Agan akan menyusuri Jalan Juanda melihat rusa-rusa Istana Bogor, tepian Kebun Raya, sampai bertemu Jl Suryakencana yang dipenuhi aneka kuliner khas Bogor. Anda akan menemukan pintu masuk utama Kebun Raya Bogor, yang bisa langsung dieksplorasi dengan berjalan kaki.

Spoiler for Bogor:

Quote:
Jalan Sudirman

Quote:
Istana Bogor

Quote:
Taman Kencana

Quote:
Pedestrian di KRB

Quote:
Jalan Surya Kencana


9. UBUD, BALI
Quote:Wilayah perbukitan Ubud cukup terkenal di kalangan wisatawan. Inilah tempat para turis menghindari keramaian Kuta atau Legian, dan meresapi kehidupan lokal yang kaya adat istiadat.
Ubud sangat nyaman untuk berjalan kaki. Pepohonan membuat suasana semakin rindang. Trotoar pun tersedia, kendaraan yang lewat pun tak banyak. Panorama pesawahan terbentang di kiri dan kanan jalan. Rumah-rumah tradisional, kafe, dan galeri seni menjadi pemanis pesawahan di kawasan Ubud.
Meski jalannya berkontur, Agan tak akan letih berjalan kaki di Ubud. Turis juga bisa menyewa sepeda dan menyusuri pedesaan cantik ini.

Spoiler for Ubud:

Quote:
Kota Ubud

Quote:
Kota Ubud

Quote:
Wisata Ubud

Quote:
Wisata Ubud

Quote:
Masyarakat

Quote:
Pemandangan Ubud


10. WONOSOBO, JAWA TENGAH
Quote:Kota Wonosobo merupakan Kota mungil nan sejuk ini sangat cantik dan nyaman untuk berjalan kaki seharian.
Coba bayangkan. Jalanan di Kota Wonosobo bagus dan bersih, dengan trotoar yang lebar. Petunjuk jalannya jelas, sehingga kecil kemungkinan Agan akan tersasar. Kawasan Alun-alun menjadi tempat favorit untuk jalan-jalan sepanjang hari atau malam. Ada pula kawasan pemerintahan dengan gedung dan hotel-hotel tua yang sangat cantik diabadikan dalam kamera.
Hampir tiap bangunan punya halaman, yang ditumbuhi pohon rindang dan bunga warna-warni. Mayoritas jalan di Wonosobo adalah satu arah, sehingga tak terlalu berbahaya untuk turis menyeberang. Hal lain yang membuat turis betah jalan kaki di sini, warga lokal sangat ramah menyapa pendatang!

Spoiler for wonosobo:

Quote:
Alun-alun Kota

Quote:
Alun-alun Kota

Quote:
Alun-alun Kota


11. BRASTAGI, SUMATERA UTARA
Quote:Brastagi adalah kota kecil di Sumatera Utara, yang punya udara sejuk dan pemandangan indah. Brastagi bagi warga Medan bagaikan Lembang bagi orang Bandung, atau Batu bagi orang Malang. Ini adalah salah satu kota favorit untuk berwisata akhir pekan.
Semakin pagi, semakin baik Agan memulai jalan kaki di Brastagi. Panorama matahari terbit sangat cantik dari sini, memberi kehangatan di tengah udara yang menggigit kulit. Berjalanlah menuju Pasar Buah Brastagi, tempat warga dan turis membeli dan menikmati aneka buah segar

Spoiler for Brastagi:

Quote:
Kota Brastagi

Quote:
Penginapan Berarsitektur Khas Batak

Quote:
Pagoda Brastagi

Quote:
Quote:
Pasar Buah
   source

1 komentar:

Mazlum Syahid said...

https://drive.google.com/file/d/0B6ut4qmVOTGWMkJvbFpZejBQZWM/view?usp=drivesdk

Web: almawaddah.info

Salam


Kepada:

 

Redaksi, rektor dan para akademik


Per: Beberapa Hadis Sahih Bukhari dan Muslim yang Disembunyikan


Bagi tujuan kajian dan renungan. Diambil dari web: almawaddah. info

Selamat hari raya, maaf zahir dan batin. 


Daripada Pencinta Islam rahmatan lil Alamin wa afwan

Post a Comment

Coment dengan bahasa yang baik dan sopan yah, jangan lupa kirimkan kritik dan saran-nya, terima kasih...

**Salam Blogger**

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCpenney Printable Coupons