Friday, January 28, 2011

Bangunan Miring yang ada didunia

Berbicara mengenai bangunan miring, dalam kepala setiap orang pasti akan membayangkan Menara Pisa yang terletak di Itali. Memang tak dipungkiri menara setinggi 55.86meter memang dikategorikan sebagai "The 7Wonders of The World" sehingga lebih dikenal luas, tapi berikut ini ada beberapa bangunan yang bisa dikategorikan sebagai bangunan dengan tingkat kemiringan yang terkemuka di dunia.

 Menara miring San Pietro di Castello, Venice, Italy

Spoiler for San Pietro di Castello:

Spoiler for San Pietro di Castello:

Meskipun tidak memiliki tanah untuk didirikan bagunan, Venice juga tidak mau ketinggalan dari memiliki menara miringnya sendiri. Yang dimaksudkan adalah Menara miring San Pietro di Castello. Dipadatkan dalam cerah hanya mil Istrian berat, menjadikan menara lonceng sangat menarik, telah melengkapi San Martino sebagai sebuah gereja di atas pulau Venice Burano sejak 1463.


 Menara Milices, Roma, Italia

Spoiler for Menara Milices:

Konstruksi Torre delle Milizie dimulai sekitar 1200 dan selesai pada tahun 1280. Asalnya menara ini memiliki 3 tingkat, tapi akibat gempa yang dahsyat pada 1348, menara ini menjadi satu tingkat saja. Namun menara utama itu masih berdiri kokoh meskipun telah condong sejak bencana itu meskipun 800 tahun sudah berlalu. Para ilmuwan dan insinyur sepakat menyatakan bahwa tingkat kecondongan menara ini akan bertambah dari 1.36 derajat (sekarang) ke 2.36 derajat setelah 600 tahun yang akan datang, (itu pun jika tidak ada gempa terjadi dalam periode tersebut).


 Gereja St Mary and All Saints, Chesterfield, UK

Spoiler for Gereja St Mary and All Saints:

Spoiler for Gereja St Mary and All Saints:

Gereja St Mary and All Saints di Chesterfield, Derbyshire, terkenal sebagai legenda lebih berabad-abad lamanya yang mana banyak mencoba dan menjelaskan mengapa menaranya seolah-olah dipelintir. Diantara asumsi-asumsi yang beredar dimasyarakat tentang menara itu, salah satu yang cukup menghibur adalah menara itu terkejut melihat seorang gadis menikah di gereja itu dan terputar sehingga mendapat satu bentuk lebih baik.


 Menara Greyfriars, King's Lynn, UK

Spoiler for Menara Greyfriars:

Menara Greyfriars merupakan satu-satunya peninggalan saat biara pengikut mazhab St Francis dihancurkan 1538 saat pembersihan rahib dan pembubaran mazhab oleh Raja Henry VIII. Namun Menara dibiarkan berdiri karena satu mercusuar tanda berguna untuk pelaut-pelaut - sebagai sebuah rumah api. Dengan tingkat kemiringan sebanyak 1 derajat, Inisiatif untuk menegakkan Menara Greyfriars telah dilakukan dengan buruh pada tahun 2006 setelah kekhawatiran setelah dinyatakan menara tersebut dapat runtuh sewaktu-waktu.


 Gereja Temple, Bristol, UK

Spoiler for Gereja Temple, Bristol:

Gereja Temple yang terletak di Bristol ini mencondong sekitar 5 kaki dari puncak. Dengan ketinggian 114 kaki, gereja ini dibangun dari tahun 1312 dan selesai pada 1460, dibangun di atas situs milik gereja Templar. Pemboman oleh tentara Jerman selama Perang Dunia Kedua menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada bagian internal gereja dan pada 1958 bangunan itu telah diambil-alih pemerintah Inggris.


Kastil Caerphilly, Welsh

Spoiler for Kastil Caerphilly:

Sesuai dengan fungsinya sebagai salah sebuah kastil terbesar dan paling sulit dilawan di zaman pertengahan, Kastil Caerphilly digunakan untuk mengontrol perbatasan antara Inggris dan Wales, juga berfungsi menangkis apapun serangan pemberontak dari Wales. Konstruksi dimulai 1268 bawah pengawasan Gilbert de Clare, dan bertahan kokoh sampai diserang ketika Perang Saudara Inggris pada tahun 1640, di mana salah satu menara mulai condong. Sehingga ke hari ini, banyak renovasi dilakukan, pun begitu menara tersebut dibiarkan condong sebagai salah satu tanda khazanah warisan lampau.


Menara Bulat Biara Kilmacduagh, Irlandia

Spoiler for Menara Bulat Biara Kilmacduagh:

Dengan ketinggian 110 kaki, Menara Bulat Biara Kilmacduagh adalah menara tertinggi (dalam kelasnya) di Irlandia. Ia terletak dekat kota Gort dekat County Galway, memiliki bukaan pintu 26 kaki dari permukaan tanah, merupakan salah satu perlindungan sangat efektif untuk para biksu dan khazanah-khazanah keagamaan yang bernilai bila diancam dirampas oleh kaum Vikings. Biara mulai dibangun pada abad ke-7 kemudian bagian menara selesai pada abad ke-10. Walaupun ia mencondong sebanyak sekitar 1.5 kaki, ia masih dikonfirmasi aman dan kemungkinan runtuh sangat rendah.


Gereja Suurhusen, East Frisia, Germany

Spoiler for Gereja Suurhusen:

Pernah tercatat sebagai Tingkat kecondongan yang terlalu melampaui batas normal, Gereja Suurhusen yaitu sekitar 5.1939 derajat dari garis vertikal, memungkinkan ia tercatat sebagai "Menara Paling Miring Di Dunia" oleh Guinness World Book of Records. Selepas ia selesai dibangun pada tahun 1450, menara ini sudah mulai mencodong pada akhir abad ke-19 setelah area sekelilingnya dilanda banjir besar. Gereja tersebut ditutup pada 1975 atas dasar keamanan namun dibuka kembali setelah satu dekade kemudian (mungkin setelah disahkan aman??)


Gereja Oldehove, Leeuwarden, the Netherlands

Spoiler for Gereja Oldehove:

The Old Tower in Leeuwarden, Fryslan, NL, seharusnya merupakan menara tertinggi dan paling menakjubkan daripada menara-menara lain. Ini karena, kerja pembangunan terpaksa dihentikan setelah bangunan mulai miring sekitar tahun 1533. Ini juga ditambahkan dengan pernyataan arsitek utama menara ini, Jacob van Aaken, yang meninggal pada tahun 1532.


Oude kerk, Delft, Netherlands

Spoiler for Oude kerk:

Oude kerk (Old Church / Gereja Old) terletak di kota Delft, Belanda ini setinggi 245 kaki dan mencondong sekitar 6.5 kaki keluar dari vertikal. Pendiriannya dimulai pada tahun 1325 dan selesai pada tahun 1350, setelah gereja utama selesai pada pada 1246. Di dalam menara ini digunakan untuk menempatkan lonceng raksasa seberat 9 ton untuk penggunaan pihak gereja. Pun begitu ia jarang sekali dibunyikan sejak ia mulai mencodong pada tahun 1570.


Nevyansk "Falling Tower", Sverdlovsk, Rusia

Spoiler for The Falling Tower:

Menara Nevyanskaya dibangun dalam satu bagian dari abad ke-18 oleh Akinfiy Demidov, sekutu kuat Czar Peter Grea, menara dengan tinggi 189 kaki ini condong kurang lebih sekitar 7 kaki keluar dari vertikal.


Menara Huqiu, Suzhou, Cina

Spoiler for Menara Huqiu:

Terdiri dari 7 tingkat, dengan ketinggian 157 kaki dan berbentuk persegi 8, Menara Huqiu dibangun diantara tahun 959-961 di atas sebuah bukit di Kota Suzhou. Ia mulai condong setelah abad ke-17 dan fitur unik menara ini adalah ia tidak memiliki anak tangga didalamnya, siapa yang inginkan mengunjungi tingkat atas, mereka harus naik dalam petunjuk tangga-tangga dapat ubah. Dengan seberat 7.000 ton menara ini dibangun sebagian besar dari batu dan sebagian kecil tanah, serta bagian atas menara itu miring ke luar kurang lebih 7.5 kaki, menyebabkan 2 dari tiang-tiang dukungan retak dan miring.


sumber

0 komentar:

Post a Comment

Coment dengan bahasa yang baik dan sopan yah, jangan lupa kirimkan kritik dan saran-nya, terima kasih...

**Salam Blogger**

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCpenney Printable Coupons