Tuesday, March 15, 2011

Telur Rebusan Urine Ini Jadi Makanan Favorit

Telur rebusan urine jadi makanan favorit di Zhejiang, Cina. (popjolly.com)

Jakarta - Mungkin terdengar aneh, telur yang direbus di dalam wadah berisi urine anak-anak menjadi makanan favorit di Provinsi Zhejiang, Cina.
Prosesnya begini. Telur-telur itu direndam dan direbus dalam air kencing anak laki-laki yang belum puber.

Menurut koki Lu Ming, urine dikumpulkan dari sekolah setempat setiap hari. Semakin muda anak-anak tersebut, semakin baik air seni mereka. "Urine dikumpulkan dari sekolah-sekolah lokal dan yang terbaik berasal dari laki-laki di bawah 10 tahun," ujarnya.

Lalu telur yang memiliki status budaya tersebut direbus dalam urine. Pertama dengan kulitnya dan kemudian tanpa kulit selama sehari semalam.

Proses ini memakan waktu sekitar satu hari sebelum mereka dapat siap dan dijual 1,50 yuan atau sekitar 23 sen.

Telur yang dikenal sebagai Tong Zi Dan (Telur Anak) ini telah membudaya di beberapa bagian China selama ratusan tahun dan jika para pejabat budaya Cina bepergian, kita bisa melihatnya tersedia di seluruh dunia.

"Kami mengalami dorongan ekspor yang besar karena kami ingin orang di luar Cina untuk sepenuhnya menghargai kelezatan masakan kami," menurut koki Lu Ming dalam sebuah artikel di Qianjiang Evening Post.

Namun demikian tidak semua orang menggemari telur ini. Mr Li yang dikutip dalam artikel tersebut mengatakan, "Baunya membunuh saya. Saya merasa mau muntah memikirkannya."
 
 
 
TEMPO Interaktif

0 komentar:

Post a Comment

Coment dengan bahasa yang baik dan sopan yah, jangan lupa kirimkan kritik dan saran-nya, terima kasih...

**Salam Blogger**

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCpenney Printable Coupons