Friday, April 15, 2011

Macam-macam bentuk salju yang perlu kita tahu

1. Simple Prisms :


Bentuk ini adalah bentuk yang paling dasar dari salju. Bentuk prisma ini sangat tipis sehingga sangat sulit untuk dilihat oleh mata. bentuknya mirip dengan pensil kayu.



2. Stellar Plates:


Bentuknya Kepingan salju tipis. Menyerupai piring dengan luas enam lengannya menyerupai bintang. Biasanya dihiasi dengan tanda-tanda simetris. Terbentuk ketika suhu sudah dekat -2 C (28 F) atau dekat -15 C (5F) morfologi kristal salju diagram.



3. Sectored Plates:
 

Khas pegunungan yang mengarah ke sudut-sudut yang berdekatan antara prisma segi. sisi-sisinya terbagi dalam enam bagian yang sama besar.



4. Stellar Dendrites:
 

Dendrit artinya “seperti pohon”, jadi bintang dendrit adalah pelat kristal salju yang memiliki cabang-cabang. Ukurannya cukup besar, dengan diameter 2-4 mm. Kristal ini mudah dilihat dengan mata telanjang.



5. Fernlike Stellar Dendrites:
 

Bentuknya menyerupai pakis. kristal salju ini adalah kristal salju terbesar dengan ukuran 5 mm atau lebih.



6. Hollow Columns:
 

Berbentuk Tabung dengan lubang kerucut di dalamnya. bentuknya kecil sehingga membutuhkan kaca pembesar untuk melihatnya.



7. Needles:


Kristal es yang terbentuk pada suhu 5 C (23 F). Jika kita lihat dengan mata telanjang akan menyerupai rambut uban yang berukuran kecil.



 8. Capped Columns:


Kristal ini perubahan dari kristal-kristal sebelumnya. Sangat sulit di temukan saat hujan salju. Tapi, kita bisa menemukannya jika kita memang mencarinya dengan serius.



9. Double Plates:


Perubahan dari Capped Columns yang tingginya menyusut oleh keadaan suhu. jarang di temukan, kecuali kita mencarinya dengan seksama.



10. Split Plates and Stars:


Kristal ini perubahan dari Double Plates. Bentuknya terlihat seperti 2 kristal es yang mengalami penggabungan.



11. Triangular Crystals:
 

Kristal es dengan bentuk hampir menyerupai segitiga. Tapi tetap dengan enam sisi. biasa terjadi pada suhu -2 C (28 F). Tapi pada kenyataannya sangat jarang terjadi.



12. Sided Snowflakes:
 

Kristal ini berbentuk twinning(keristal kembar). Kristal ini sangat jarang, tapi terkadang salju turun hanya membawanya sedikit.



13. Bullet Rosettes:
 

Nukleasi butir es yang menghasilkan beberapa kristal dan terbentuk secara acak. Kadang-kadang menghasilkan kolom-kolom yang unik. jika bentuk ini terpotong akan menghasilkan peluru-peluru berbentuk kristal.



14. Radiating Dendrites


Ketika Polykristal terbentuk biasanya juga membentuk kristal salju ini. dan memiliki cabang-cabang lebih banyak dari jenis dendrit lainnya.



15. Rimed Crystals:


Bentuk ini yaitu bentuk dimana kristal-kristal salju di dalamnya masih terdapat butiran-butiran air



16. Irregular Crystals:
Salju ini sulit di identifikasi karena bentuknya sudah tidak beraturan lagi. Biasanya mereka saling berkelompok dengan bentuk-bentuk yang tidak sempurna lagi




17. Artificial Snow
salju yang dihasilkan oleh mesin pembuat salju, dimana komposisinya adalah air beku.





Sumber :
http://www.its.caltech.edu/%7Eatomic/snowcrystals/class/class.htm

0 komentar:

Post a Comment

Coment dengan bahasa yang baik dan sopan yah, jangan lupa kirimkan kritik dan saran-nya, terima kasih...

**Salam Blogger**

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCpenney Printable Coupons