Saturday, January 29, 2011

Alasan kenapa hidung pesawat Concorde dapat dibengkokkan...[+pengetahuan]


 Concorde adalah pesawat supersonik (pesawat dengan kecepatan suara) pertama yang diciptakan pada dekade 1950-an hasil kerjasama antara Inggris dan Perancis. Tambahan huruf 'e' pada nama Concorde diberikan Inggris sebagai ucapan terima kasih atas jasa Perancis dalam pembuatan pesawat ini. Concorde dioperasikan pertama kali tahun 1969.



Salah satu hal unik dari pesawat ini adalah bagian hidungnya yang dapat dibengkokkan. Sekilas pembengkokkan hidung Concorde hanya seperti aksesoris saja. Namun ternyata, penekukan hidung ini (sudut penekukannya 12,5 derajat hingga 30 derajat) perlu dilakukan saat hendak mendarat agar hidung Concorde tidak menghalangi pandangan pilot ke arah landasan lapangan terbang dibawah.

jadi begini alasan tepatnya
  • pesawat dengan wingspans pendek biasanya harus lepas landas dan mendarat di sudut serangan yang agak tinggi untuk mengangkat dan mengimbangi sayap yang lebih kecil. Sebagai sudut serangan meningkat, kokpit dipaksa lebih tinggi dan pilot harus melihat ke bawah pada sudut lebih curam untuk melihat tanah. makanya tu hidung pesawat selalu dibengkokkan ketika akan mendarat

Untuk mengendalikan nose tersebut,di cockpit telah disediakan tuas untuk mengatur dan mengendalikan hidung tersebut


cockpit pesawat concorde


Nose Control
 
 
Mekanisme pembengkokak hidung concorde

Spoiler for Posisi Pertama:

Posisi Pertama


Hidung dan Visor telah ditarik sepenuhnya pada sampai posisi awal. ini digunakan selama penerbangan Supersonic dan ketika parkir

Posisi Kendali Nose Concorde pada tahapan ini





HASIL




Spoiler for Posisi Kedua:

Posisi Kedua


Hidung penuh, Visor ditarik ke hidung droop
Digunakan selama penerbangan subsonik pendek (misalnya terbang terakhir sebelum mendarat) dan pembersih kaca depan pesawat tersebut



Posisi Kendali Nose Concorde pada tahapan ini





HASIL





Spoiler for Posisi Ketiga:

Posisi Ketiga


Hidung turun pada 5 derajat dan Visor ditarik ke hidung droop
Digunakan untuk pesawat ketika akan lepas landas



Posisi Kendali Nose Concorde pada tahapan ini




HASIL




Spoiler for Posisi Keempat:

Posisi Keempat


Hidung turun sebesar 12,5 derajat, Visor ditarik ke hidung droop
Digunakan untuk pendaratan,dan harus digerakkan dengan cepat ke posisi 3 untuk mencegah kerusakan


Posisi Kendali Nose Concorde pada tahapan ini


HASIL




Spoiler for Bagian - Bagian nose Pesawat concorde:

Keterangan:
1. Pitot Head
2. Radome
3. Radar Cuaca
4. Visor Hidrolik
5. Poros Kepala Sekunder
6. Droop hidung (posisi kebawah)
7. Proble
8. Pelindung Rel
9. Hidrolik Jack Hidung
10.Retractable visor
11.Panel kaca Internal


Spoiler for Mekanisme:



Hidung terletak ke depan sekat tekanan, tetapi engsel kasar berada di bawah kursi pilot. Hidung bergerak di rel yang berjalan di kedua sisi sekat tekanan. hidung ini digerakkan oleh sepasang tandem jack hidrolik yang bekerja secara paralel. kedua jack memiliki silinder atas dan mereka melekat pada sekat tekanan maju serta silinder mereka yang lebih rendah dari struktur hidung.Kedua jack menyediakan jalur beban bantalan alternatif. Sepasang up-kunci terlibat di posisi atas untuk mengamankan sekat hidung, tekanan hidrolik menyimpannya di tempat penyimpanan hidrolik dan berhenti ketika gaya aerodinamik bekerja dan menggerakkan hidung tersebut. 
 
"inggris ngasih tambahan huruf 'e' dibelakang kata concord karena dalam bahasa perancis 'concorde' artinya kerukunan,
mungkin dengan nama itu berharap terjadinya kerukunan antara perancis dan inggris


0 komentar:

Post a Comment

Coment dengan bahasa yang baik dan sopan yah, jangan lupa kirimkan kritik dan saran-nya, terima kasih...

**Salam Blogger**

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCpenney Printable Coupons