Tuesday, February 15, 2011

Pemandangan Alan Nan Eksotis di Pantai Sira


Detail Berita
(foto: baliwww.com)
PULAU Lombok menyimpan beragam keindahan obyek wisata. Tidak cukup hanya dengan tiga pulau kecil - Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan, kini jika Anda berwisata ke Lombok jangan lupa singgah ke Pantai Sira yang menyimpan berjuta keajaiban dan keindahan.

Terletak di Kecamatan Tanjung, Lombok Utara, Pantai Sira dikelilingi sejumlah pantai lain belum bernama, karena belum terjamah sama sekali. Letaknya yang berada di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat sebelah barat laut, membuat Anda tidak akan terlalu jauh menempuh perjalanan dari ibu kota Lombok, Mataram. Kurang dari 50 kilometer, tepatnya 30 kilometer, Anda sudah akan berada di pesisir pulau Lombok, tempat pantai Sira 'merebahkan diri'.

Untuk mencapai pantai ini dari Mataram, Anda harus melewati daerah Pusuk. Pusuk berarti puncak bukit. Tak heran bila saat memasuki daerah itu Anda akan mulai merasakan hawa sejuk, bahkan dingin.

Pemandangan alam selama di perjalanan sangat eksotis. Tak hanya itu, ratusan monyet akan menyambut Anda di sepanjang jalan. Layaknya hutan Sangeh, di Bali. Anda boleh memberi makan monyet-monyet ini.

Kurang lebih satu jam berkendaraan, Anda akan sampai di Desa Sigar Penjalin. Di desa inilah Anda akan menemukan Pantai Sira. Penduduk Desa Sigar Penjalin sangat ramah. Mereka akan dengan senang hati membantu Anda mencari jalan dan menjawab berbagai pertanyaan seputar Pantai Sira.

Pantai Sira merupakan lokasi wisata alam, yang tepat untuk para pelancong, yang mendambakan alam yang masih murni. Tujuh kilometer berjarak dari pantai tak bernama, Sira masih cukup dibilang alami dengan keindahan lautnya yang berwarna biru laut jernih.

Sepanjang mata memandang, warna biru membentang akan menenangkan pikiran dan hati yang jenuh serta penat akan 'kekacauan' duniawi. Bermacam-macam ikan berwarna-warni yang terlihat dari permukaan air laut, seolah berkata, "I am so happy to be free!" Tidakkah Anda iri dengan mereka?

Putihnya butiran pasir seakan berkilauan diterpa sinar matahari sepanjang kaki melangkah. Luar biasa! Anda tidak akan berhenti mengagumi keindahan alam, yang satu ini. Tekstur lembut dari pasir yang menyentuh kulit akan terus terasa hingga Anda meninggalkan tempat tersebut.

Tidak hanya keindahan alam, kebudayaan setempat pun akan menghibur Anda. Bersosialisasi dengan penduduk asli akan menjadi pengalaman tak terlupakan untuk diceritakan ke anak cucu Anda nanti.

Anda bisa ikut menyaksikan upacara tradisional 'larung sesajen' dan berbagai pesta laut penduduk Lombok. Bisa juga ikut bergoyang bersama mereka, menikmati musik asli bangsa sendiri, dangdut!

Kebahagiaan Anda akan disaksikan oleh Gunung Agung yang tampak jelas dari Pantai Sira. Eksotisme pantai itu bertambah menjelang senja. Lokasi yang tepat untuk menyaksikan dengan jelas terbenamnya matahari.
(uky)
 
 

0 komentar:

Post a Comment

Coment dengan bahasa yang baik dan sopan yah, jangan lupa kirimkan kritik dan saran-nya, terima kasih...

**Salam Blogger**

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCpenney Printable Coupons