Thursday, February 17, 2011

Tak Ada Jalan Lain, Varises di Penis Harus Dioperasi

img
foto: Thinkstock
Sao Paulo, Jika muncul di kaki, varises mungkin hanya akan berdampak pada penampilan. Lain halnya jika muncul di alat kelamin pria, varises bisa mempengaruhi kualitas sperma sehingga harus dioperasi bila tak ingin mandul.

Varises yang terjadi di alat kelamin pria disebut dengan varikokel (varicocele). Kondisi ini dipicu oleh pembengkakan pembuluh darah vena, terutama pada buah zakar sehingga sering menyebabkan ukurannya besar sebelah.

Varikokel diyakini merupakan salah satu pemicu kemandulan pada pria dewasa. Selain terasa nyeri, varikokel mempengaruhi kondisi buah zakar mengecil dan mengurangi kualitas sperma yang dihasilkan.

Diperkirakan, varikokel diderita oleh 15 persen pria berusia di atas 15 tahun. Namun kondisi ini juga ditemukan pada 30 persen penderita kemandulan primer (bawaan) dan 80 persen kemandulan sekunder (karena sebab tertentu).

Meski bukan satu-satunya penyebab kemandulan, namun varikokel memberi pengaruh cukup besar terhadap kualitas sperma. Terbukti ketika kondisi ini diatasi dengan operasi varicocelectomy, kualitas sperma meningkat cukup signifikan.

Peningkatan setelah operasi itu teramati pada 2 indikator penting yang menunjukkan tingkat kesehatan sperma. Keduanya meliputi kualitas atau mutu DNA sperma itu sendiri dan pembangkit energi internal sperma yang disebut mitokondria.

Paula Toni Del Giudice, seorang profesor dari Sao Paulo Federal University di Brazil membuktikannya dengan mengamati 21 remaja pria yang menjalani varicocelectomy. Usia pasien dalam pengamatan itu berkisar antara 25-19 tahun.

"Operasi pembedahan pada remaja untuk mengatasi varikokel bisa mencegah kemandulan sekunder. Kami menemukan manfaat yang sangat penting dari operasi tersebut," ungkap Del Giudice seperti dikutip dari Foxnews, Senin (29/11/2010).

Meskipun begitu, tidak semua kondisi varikokel berpotensi menyebabkan kemandulan dan harus dioperasi. Untuk menilai seseorang butuh varicocelectomy atau tidak, Del Giudice medasarkan pada 3 hal yakni hasil pemeriksaan sperma, besarnya pembengkakan vena dan perbedaan ukuran di kedua buah zakar.


detikinet

0 komentar:

Post a Comment

Coment dengan bahasa yang baik dan sopan yah, jangan lupa kirimkan kritik dan saran-nya, terima kasih...

**Salam Blogger**

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCpenney Printable Coupons