Monday, February 28, 2011

Tokek Gaul Warna Pink

 Tokek ternyata tak selalu terlihat dengan warna buram. Ada juga jenis tokek yang memiliki kulit warna terang. Salah satunya adalah tokek berwarna pink yang masuk dalam bangsa leopard gecko atau tokek pakistan.
Tokek tersebut adalah anggota spesies Eublepharis macularis morph (ras) Storm. Warnanya merah muda alias pink meski tampak tak secerah warna bunga. Tak seperti tokek biasa yang tampak menakutkan, tokek ini justru menggemaskan bagi sebagian orang.
"Tokek morph Storm ini harga jualnya bisa Rp 3 juta per ekor untuk ukuran kecil karena sulit untuk menemukannya,' ungkap Radit Bontazar dari Pet Network, salah satu jasa penjualan reptil piaraan yang ikut berpameran dalam Indonesia Pets Plants and Aquatic Expo 3-12 Desember 2010 di Mal Mangga Dua, Jakarta.
Tokek morph Storm tersebut hidup di padang pasir. Tak seperti tokek biasa yang tampak menakutkan dan mengganggu dengan suaranya, tokek ini justru tampak menggemaskan dan tak memproduksi suara apa pun. Kakinya juga tak lengket.
Radith mengungkapkan, tokek itu bisa dipelihara dengan mudah. "Cara peliharanya gampang. Tinggal ditaruh di akuarium yang diberi pasir zeolith. Makanannya jangkrik, diberi setiap 2 hari sekali, kira-kira 5 ekor,' kata Radith.
Dia juga mengungkapkan, proses mengawinkan tokek tersebut juga relatif mudah. Biasanya, saat ingin kawin, nafsu makan tokek berkurang. Saat itulah, tokek bisa didekatkan dengan lawan jenisnya sehingga akan kawin dengan sendirinya.
Tokek morph Storm ini hanyalah salah satu jenis tokek yang dipamerkan di Indonesia Pets Plants and Aquatic Expo 2010. Sejumlah tokek pakistan dari berbagai macam morph juga dipamerkan dan diperjualbelikan. Harganya antara Rp 200.000 hingga sekitar Rp 3 juta.t ?
Radith mengatakan, 'Tokek pakistan ini sih diminati karena warnanya yang indah. Kaya ada motif-motifnya.' Menurut Radith, harga tokek akan semakin mahal jika warnanya bagus dan merupakan jenis yang sulit ditemukan.
Seperti mengawinkan anjing dari berbagai ras, pemelihara tokek juga bisa mengawinkan tokekmorph satu dengan yang lain. Tujuannya untuk mendapatkan keturunan yang paling unik dari segi warna kulit. "Makin unik morph-nya, harga makin mahal,' kata Radith.
Beberapa morph yang dipamerkan antara lain Twilight yang memiliki warna hampir mirip seperti Storm dan Tangerine yang lebih berwarna dan dijual seharga Rp 1,25 juta. Tertarik untuk memelihara? Radith mengatakan, pemeliharaan tokek ini jauh lebih mudah daripada memelihara anjing.


Sumber: kompas.com

0 komentar:

Post a Comment

Coment dengan bahasa yang baik dan sopan yah, jangan lupa kirimkan kritik dan saran-nya, terima kasih...

**Salam Blogger**

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCpenney Printable Coupons