Saturday, March 26, 2011

Theremin, alat musik yang tak perlu disentuh untuk dimainkan

 
Apa itu Theremin?

*Theremin adalah sebuah alat musik elektronik kuno, yang ditemukan pada tahun 1919, dan masih dipakai hingga kini. alat musik ini berasal dari Rusia. Diantara semua alat musik, Theremin ini cukup unik, karena untuk memainkannya tidak diperlukan kontak fisik secara langsung oleh pemainnya, jadi pemain Theremin cukup melambaikan tangannya diatas Theremin.
 
Cara Orang Memainkan Theremin 
 
 
Prinsip Kerja Theremin:
Secara simpel, prinsip kerja Theremin adalah melalui frekuensi radio yang dihasilkan oleh antena pada Theremin dan kapasitor variabel yang menghasilkan frekuensi itu. Pada Theremin terdapat 2 frekuensi, dimana yang satu untuk mengatur pitch atau untuk memainkan nadanya, dan yang satu untuk mengatur volume. Gerakan tangan di dekat antena yang mengatur frekuensi mengubah sirkuit-sirkuit pada Theremin, yang kemudian mengontrol sinyal suara untuk disalurkan ke speaker. Cara kerjanya mirip dengan metal detector dan remote TV, yang dimana sinyal ke TVnya akan terganggu jika ada penghalang di jalur sinyal tersebut, jika bingung dengan penjelasan diatas, prinsip Theremin ini seperti prinsip remote TV. Sedangkan badan pemain menjadi jalur elektrostatis dengan tanah.

Cara kerjanya cukup rumit, dan mengingat alat musik ini dibuat pada tahun 1919, hal ini cukup menakjubkan di kala itu. Theremin banyak digunakan di film-film lama, dan kadang juga untuk orkestra maupun untuk lagu-lagu komersial.




source : kaskus.us

0 komentar:

Post a Comment

Coment dengan bahasa yang baik dan sopan yah, jangan lupa kirimkan kritik dan saran-nya, terima kasih...

**Salam Blogger**

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCpenney Printable Coupons