Thursday, May 5, 2011

'Leluhur' Padi Berasal dari China


NEW YORK - Peneliti genetik melacak sejarah evolusi padi, mengatakan bahwa padi olahan sudah ada di China sejak 9 ribu tahun yang lalu.

Penelitian sebelumnya menyatakan kalau padi olahan mungkin ada dua titik asal, yaitu India dan China, namun bukti genetika menunjukkan kalau China adalah sumber padi tertua di dunia. Demikian seperti yang dikutip dari UPI, Selasa (3/5/2011).

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh New York University, bukti arkeologi menunjukkan kalau padi olahan sudah ada di lembah Yangtze Valley sejak 8 ribu sampai 9 ribu tahun yang lalu, sementara padi olahan di wilayah Gange, India, baru ada sekira 4 ribu tahun yang lalu.

Para ilmuwan meneliti sejarah padi olahan dengan dengan merangkai 630 fragmen gen pada beragam jenis padi liar maupun olahan. Hasil menunjukkan kalau rentetan data gen padi-padi tersebut konsisten dengan data asal muasal dari padi.

"Sebagaimana pada dibawa dari China ke India oleh para petani, nampaknya padi olahan tersebut membaur dengan padi liar lokal," ujar Michael Puruggana, ahli biologi dari NYU.

"Jadi padi olahan yang dulu kita duga berasal dari India, sebenarnya berasal dari China," tambah Puruggana.

Padi asli Asia, Oryza Sativa, adalah salah satu spesies tanaman pangan tertua di dunia. (tyo)


Sumber :
http://techno.okezone.com/read/2011/05/03/56/452726/leluhur-padi-berasal-dari-china

0 komentar:

Post a Comment

Coment dengan bahasa yang baik dan sopan yah, jangan lupa kirimkan kritik dan saran-nya, terima kasih...

**Salam Blogger**

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCpenney Printable Coupons