Friday, February 18, 2011

Tradisi Makan Bubur Merah Putih ala TNI AL

Tradisi makan bubur merah putih di Lanal Semarang. (Foto: Koran SI)
Makanan bubur merah putih dan hajatan, mungkin biasa bagi kebanyakan masyarakat. Namun berbeda halnya dengan tradisi yang dilakukan di Pangkalan TNI AL (Lanal) Semarang, Jawa Tengah.

Di Lanal Semarang, tradisi makan bubur merah putih dan hajatan tidak dilakukan sembarang. Tradisi ini hanya dilakukan pada acara-acara tertentu saja.

Salah satuanya ketika Lanal menerima bantuan dari Pangkalan TNI AL Pusat. Seperti digelar Kamis siang, saat Lanal menerima lima unit kendaraan bermotor dinas dari Komando Armada Timur (Koarmatim) untuk mendukung tugas operasional.

Penerimaan ranmor dinas dilakukan seusai upacara bendera di halaman Mako Lanal Semarang dengan inspektur upacara Palaksa Lanal Semarang Letkol Laut (P) Sisyani, mewakili Dan Lanal Semarang Kolonel Laut (T) Moelyanto yang pada saat itu berhalangan hadir.

Sebelum tradisi makan bubur dilakukan, pejabat tinggi Lanal memecahkan kendi sebagai simbol mulai dioperasionalkan kendaraan bantuan dari Koarmatim. Setelah itu, seluruh personel yang mengikuti upacara, langsung disuguhi bubur merah putih.

Bubur merah putih merupakan lambang bendera Indonesia dan simbol semangat personel Lanal. Selain itu, Sisyani menyatakan, tradisi yang sudah sejak lama di TNI AL ini juga berarti ungkapan syukur.

”Ini tradisi dan ini tidak ingin kami hilangkan karena sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kami,” ujarnya, Kamis (17/2/2011).

Pengoperasian kendaran dinas ini, lanjut dia, merupakan wujud keseriusan pimpinan TNI AL dalam meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas.

Kendaraan bermotor yang diterima Lanal Semarang antara lain Kereta Merta (jenazah), mobil angkut sedang, mobil dinas Pasi Intel Semarang, dan Denpol AL, serta truk angkut personel.
(Andik Sismanto/Koran SI/ton)

0 komentar:

Post a Comment

Coment dengan bahasa yang baik dan sopan yah, jangan lupa kirimkan kritik dan saran-nya, terima kasih...

**Salam Blogger**

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCpenney Printable Coupons