Wednesday, February 23, 2011

5 Kali berturut-turut Menyandang Kota Ternyaman Didunia

5 Tahun Berturut-turut Vancouver Sandang Kota Ternyaman

Detail Berita
(foto: aboutvancouver.co.uk)
SYDNEY– Status Vancouver, Kanada, sebagai kota ternyaman di dunia tidak tergoyahkan. Selama lima tahun berturut-turut, Vancouver menempati urutan teratas kota paling layak dihuni berdasarkan survei tahunan Economist Intelligence Unit.

Dalam survei yang dirilis Senin 21 Februari tersebut juga dijelaskan bahwa Harare, ibu kota negara Zimbabwe, merupakan kota terburuk. Kanada tidak hanya menempatkan Vancouver dalam daftar 10 kota ternyaman di dunia.Toronto dan Calgary pun membuntuti di peringkat keempat dan kelima.

Kota-kota ini memenuhi lima kategori secara luas, yakni stabilitas, perawatan kesehatan,budaya dan lingkungan, pendidikan, serta infrastruktur. Setiap faktor dinilai dengan peringkat diterima, lumayan, tidak nyaman, tidak diinginkan, atau tidak bisa ditoleransi. Vancouver mendapatkan nilai total 98 dari nilai 100 dalam survei ini.

“Vancouver tetap berada di puncak. Posisi ini kian kokoh berkat keberhasilan menyelenggarakan Olimpiade Musim Dingin 2010 dan Paralympics yang memberikan dorongan untuk infrastruktur, budaya, dan lingkungan,” ujar penulis survei dalam ringkasan laporan.

“Hanya kejahatan kecil yang menghadirkan kesulitan untuk Vancouver.Kekerasan dilaporkan menjadi tren teratas di kota ini, tetapi angka harus tetap diletakkan pada konteks penilaian,” tambah laporan tersebut.

Editor majalah The Economist Jon Copestake menambahkan, ”Kota yang tidak terlalu besar di negara maju, dengan jumlah penduduk lebih sedikit, mendapat skor yang lebih tinggi.” Menurut dia,kota yang didiami 583.296 jiwa ini dilengkapi layanan infrastruktur yang bagus, tingkat kejahatan yang rendah, tanpa macet, dan lebih berbudaya.

Survei memperlihatkan tingkat pembunuhan di Vancouver pada 2009 adalah 2,6 per 100.000 orang.Angka ini sebenarnya lebih tinggi dibandingkan dari rata-rata Kanada yang 1,8 per 100.000,tetapi lebih kecil dari rata-rata 5,4 pembunuhan di Amerika Serikat (AS). Profesor dari University of British Columbia,Kanada,Patrick Condon tidak terkejut mengetahui tiga kota di Kanada masuk dalam daftar 10 kota ternyaman.“Saya menilai faktor perawatan kesehatan memberikan pengaruh yang besar (dalam penilaian),”ujar Condon. Posisi Vancouver tidak berubah sejak 2007.Kota lain yang baru masuk dalam 10 besar kota ternyaman adalah Auckland,Selandia Baru.

Kota-kota di AS tak tercatat dalam 20 besar.Pittsburgh yang dinilai paling nyaman di AS hanya menempati posisi ke-29,sementara Los Angeles di urutan ke-44. London naik peringkat dengan menghuni posisi ke-53, sedangkan Paris berada di urutan ke-16. Untuk Asia, kota ternyaman adalah Osaka, Jepang, yang menduduki peringkat ke-12 diikuti Tokyo di posisi ke-18. Hong Kong dan Beijing,China,masing-masing berada di posisi ke-31 dan ke-72. Survei ini menilai Harare sebagai tempat paling tidak layak dihuni dengan peringkat 37,5%.Harare menggeser Dhaka, ibu kota Bangladesh, yang sebelumnya menempati posisi tersebut.

Economist Intelligence Unit melakukan survei berdasarkan 30 faktor, antara lain kesehatan, budaya, lingkungan, pendidikan, dan keamanan pribadi. Negara-negara Afrika dan Asia berada di daftar terbawah dari peringkat survei.
(Koran SI/Koran SI/uky)
 
 
 

0 komentar:

Post a Comment

Coment dengan bahasa yang baik dan sopan yah, jangan lupa kirimkan kritik dan saran-nya, terima kasih...

**Salam Blogger**

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCpenney Printable Coupons